INISIASI 4
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Ambil tes buatan guru mata pelajaran PKn, coba analisis soal tersebut dan kelompokkan soal-aoal yang mengukur kemampuan kognitif ( Civic Knowledges), afektif (Civic Values) dan Civic Skills.
A. Bentuk soal tes esei aspek kognitif ( Civic Knowledges), pada matapelajaran PKn di SD
Mata pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Hidup Rukun
Kelas/Semester : 2/ Ganjil ………..
Model Soal : Esai
SOAL
Isilah titik - titik di bawah ini dengan benar!
Dengarkan dengan baik apabila guru kalian membacakan pertanyaan di bawah ini!
1) Bersatu kita teguh bercerai kita ...................
2) Meskipun berbeda suku bangsa dan agama, kita harus hidup...................
3) Kita harus membiasakan hidup rukun dengan ...................
4) Bila kita berbuat salah, sebaiknya segera.....................
5) Jika ada teman yang mendapat kesusahan, kita harus segera.......................
KUNCI JAWABAN
1) Runtuh
2) Rukun
3) Semua orang
4) Minta maaf
5) Membantunya
- Contoh model tes afektif dengan bentuk skala sikap/bertingkat (rating scale) pada mata pelajaran PKn di SD.
Mata pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Hidup rukun
Kelas/Semester : 2/1………..
Model Soal : Skala sikap/bertingkat (Rating Scale)
TUGAS
Pilih salah satu jawaban yang cocok dengan pilihanmu, dan beri tanda cek (V).
Perilaku kebiasaan dalam kehidupan Sehari - hari
No. | Perilaku | Sedang | Baik | Baik Sekali |
1 | Menyangi kakak atau adik | | | |
2 | Membantu ibu membersihkan rumah | | | |
3 | Menolong orang yang kesusahan | | | |
4 | Membantu korban bencana alam | | | |
5 | Menghormati orang yang berbeda agamanya | | | |
| | | | |
KUNCI JAWABAN
No. | Perilaku | Sedang | Baik | Baik Sekali |
1 | Menyangi kakak atau adik | | | V |
2 | Membantu ibu membersihkan rumah | | | V |
3 | Menolong orang yang kesusahan | | | V |
4 | Membantu korban bencana alam | | | V |
5 | Menghormati orang yang berbeda agamanya | | | V |
| | | | |
C. Contoh Bentuk model tes psikomotor ( Civic Skills ) dengan bentuk tes unjuk kerja (performance) pada matapelajaran PKn di SD
Mata pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Hidup Rukun
Kelas/Semester : 2/ Ganjil ………..
Model Soal : Skala sikap/bertingkat (Rating Scale)
TUGAS
Berilah tanda centang ( Ö ) pada pernyataan yang sesuai dengan kebiasaaanmu
No. | Contoh Perilaku | Selalu | Kadang - kadang | Jarang |
1 | Menghormati orang tua | | | |
2 | Menyapa teman bila bertemu | | | |
3 | Mematuhi nasehat orang tua | | | |
4 | Rukun dengan teman - teman | | | |
5 | Mengucapkan terima kasih bila diberi sesuatu | | | |
| | | | |
KUNCI JAWABAN
No. | Contoh Perilaku | Selalu | Kadang - kadang | Jarang |
1 | Menghormati orang tua | Ö | | |
2 | Menyapa teman bila bertemu | Ö | | |
3 | Mematuhi nasehat orang tua | Ö | | |
4 | Rukun dengan teman - teman | Ö | | |
5 | Mengucapkan terima kasih bila diberi sesuatu | Ö | | |
| | | | |
2. Coba rancang alat penilaian matapelajaran
berisi tentang penilaian Kognitif, afektif dan civic skills.
A. Bentuk soal tes esei aspek kognitif ( Civic Knowledges), pada matapelajaran PKn di SD
Mata pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Tolong menolong
Kelas/Semester : 2/ Ganjil ………..
Model Soal : Esai
SOAL
Isilah titik - titik di bawah ini dengan benar!
Dengarkan dengan baik apabila guru kalian membacakan pertanyaan di bawah ini!
1) Menolong orang harus dilakukan dengan...................
2) Apabila kita menolong orang lain , tidak boleh mengharapkan ...................
3) Jika diminta ayah untuk membantu membersihkan rumah , maka saya ...................
4) Melihat teman jatuh dari sepeda sebaiknya kita segera .....................
5) Tujuan kita menolong orang lain adalah untuk.......................
KUNCI JAWABAN
1) Keiklasan hati
2) Ibalan apapun
3) Segera mengerjakanya
4) Menolong
5) Mempererat tali persaudaraan
- Contoh model tes afektif dengan bentuk skala sikap/bertingkat (rating scale) pada mata pelajaran PKn di SD.
Mata pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Tolong menolong
Kelas/Semester : 2/1………..
Model Soal : Skala sikap/bertingkat (Rating Scale)
TUGAS
Pilih salah satu jawaban yang cocok dengan pilihanmu, dan beri tanda cek (V).
Perilaku kebiasaan dalam kehidupan sehari - hari
No. | Perilaku | Sedang | Baik | Baik Sekali |
1 | Menengok teman yang sedang sakit | | | |
2 | Membantu ibu mencuci piring | | | |
3 | Menyapu lantai kelas | | | |
4 | Membantu tetangga yang punya hajat | | | |
5 | Suka memberi sedekah kepada fakir miskin | | | |
| | | | |
KUNCI JAWABAN
No. | Perilaku | Sedang | Baik | Baik Sekali |
1 | Menengok teman yang sedang sakit | | | Ö |
2 | Membantu ibu mencuci piring | | | Ö |
3 | Menyapu lantai kelas | | | Ö |
4 | Membantu tetangga yang punya hajat | | | Ö |
5 | Suka memberi sedekah kepada fakir miskin | | | Ö |
| | | | |
C. Contoh Bentuk model tes psikomotor ( Civic Skills ) dengan bentuk tes unjuk kerja (performance) pada matapelajaran PKn di SD
Mata pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Tolong menolong
Kelas/Semester : 2/ Ganjil ………..
Model Soal : Skala sikap/bertingkat (Rating Scale)
TUGAS
Berilah tanda centang ( Ö ) pada pernyataan yang sesuai dengan kebiasaaanmu
No. | Contoh Perilaku | Selalu | Kadang - kadang | Jarang |
1 | Membantu ibu menyipkan sarapan | | | |
2 | Membantu korban bajir | | | |
3 | Melakukan donor darah | | | |
4 | Menyumbang korban becana alam | | | |
5 | Saling membantu menyelesaikan pekerjaan di rumah | | | |
| | | | |
KUNCI JAWABAN
No. | Contoh Perilaku | Selalu | Kadang - kadang | Jarang |
1 | Membantu ibu menyiapkan sarapan | Ö | | |
2 | Membantu korban banjir | Ö | | |
3 | Melakukan donor darah | | Ö | |
4 | Menyumbang korban bencana alam | | Ö | |
5 | Saling membantu pekerjaan di rumah | Ö | | |
| | | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar