Rabu, 11 Juni 2008

TO 3 dan 4 PKN Eko Yulianto P07S1A 282007034



Selamat malam Pak Mawardi yang saya hormati dan saya rindukan. Bersama ini saya posting jawaban tugas PKn 3 dan tugas PKn 4.Sebelumnya saya minta maaf atas keterlambatan pengiriman jawaban saya ini, dikarenakan banyaknya tugas di Sd dalam mempersiapkan penilaian Kinerja Kepala Sekolah sampai akhir Juni ini. Bila masih terdapat kesalahan pada jawaban yang telah saya kirim, baik dari jawaban TO1 sampai TO4 saya mohon Bpk Mawardi bersedia memberikan informasi lanjutan kepada saya.Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.


JAWABAN TUGAS INISIASI III

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN( PKn )


N A M A :Eko Yulianto

N I M : 282007034

KELAS : PO7S1A

ABUPATEN : GROBOGAN


SOAL


A. Anda akan membelajarkan materi “Membiasakan Hidup Gotong Royong “ pada kelas II SD semester I.

1. Model pembelajaran apa yang Anda pilih?

2. Metode pembelajaran apa yang Anda gunakan?

3. Langkah-langkah apa yang Anda tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut?

4. Media pembelajaran apa yang Anda gunakan?

5. Alat penilaian apa yang Anda terapkan?


B. Memahami Peran Politik Luar Negeri Indonesia dalam Era Globalisasi pada kelas VI SD semester 2.

§ Model pembelajaran apa yang Anda pilih?

§ Metode pembelajaran apa yang Anda gunakan?

§ Langkah-langkah apa yang Anda tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut?

§ Media pembelajaran apa yang Anda gunakan?

§ Alat penilaian apa yang Anda terapkan?


JAWABAN :


A. ”Membiasakan Hidup Gotong Royong”

Kelas : II

Semester : I

Materi : Membiasakan Hidup Rukun di Rumah dan Sekolah

Tema : Diri Sendiri


1.Model pembelajaran yang dipilih seorang guru adalah model pembelajaran Tematik yaitu suatu model pembelajaran yang menggabungkan/mengaitkan mata pelajaran satu dengan lainnya (penggabungan beberapa mata pelajaran) dalam satu tema, sehingga pada sata memulai pelajaran guru tidak perlu menanyakan jadwal mata pelajaran tertentu.Contohnya : dalam satu tema misalkan ”Diri Sendiri” seorang guru dapat menjelaskan mata pelajaran PKn ”Membiasakan Hidup Gotong Royong” kemudian terkait dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia ”Membaca dan Menulis” bahkan dengan mata pelajaran KTK ”Bermain dan Bernyanyi”

2. Metode pembelajaran yang digunakan adalah :

§ Tanya jawab

§ Diskusi kecil

§ Tugas Kelompok

§ Bermain peran/simulasi


3. Langkah yang dapat ditempuh dalam melaksanakan metode pembelajaran tersebut adalah

a. Kegiatan Awal

· Guru dan siswa berdo’a bersama-sama.

· Apersepsi : guru bertanya ”Siapakah yang pernah ikut gotong royong”, siswa menjawab dengan berbagai jawaban yang bervariasi.

· Guru memberi contoh kecil ”gotong royong” yang dipraktekkan siswa langsung yaitu dengan menyuruh beberapa siswa maju untuk mengangkat meja sendiri-sendiri, kemudian menyuruh siswa mengangkat meja bersama-sama.

b. Kegiatan Inti

· Guru mulai menjelaskan mengenai materi Hidup Rukun di Rumah dan Sekolah.

· Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 5 siswa.

· Guru membagikan lembaran tugas kepada masing-masing kelompok.

· Siswa mengerjakan tugas dari guru, guru mengarahkan dan memberi motivasi.

· Setelah pekerjaan siswa selesai guru mengevaluasinya.

c. Kegiatan AkhirPemantapan : dengan memberi tugas mandiri/PR.


4. Media dan Sumber Pembelajaran yang digunakan :

a. Media :

§ Gambar

§ Lembar tugas

b. Sumber Bahan :

§ Buku PKn Kelas II, Erlanga KTSP 2006

§ Kurikulum KTSP Mapel PKn Kls II

§ Buku penunjang yang relevan

5. Alat Penilaian yang digunakan :

Soal-soal evaluasi dalam bentuk tertulis.

B. Memahami Peran Politik Luar Negeri Indonesia dalam Era Globalisasi

Kelas : VI

Semester : II

Materi : Dampak GlobalisasiModel Pembelajaran yang dipilih adalah Satuan PelajaranMetode Pembelajaran

a. Ceramah

b. Tanya jawab

c. Diskusi

d. Pemberian tugas

Langkah-langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal (Apersepsi)Guru mengadakan tanya jawab sebagai awal pelajaran

b. Kegiatan Intio Guru menjelaskan materi pelajaran mengenai dampak globalisasi.

o Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.

o Guru membagikan lembar pekerjaan siswa, siswa memecahkan masalah dengan diskusi kelompok.

o Diskusi kelas dibimbing oleh guru, kemidian siswa menyimpulkan.

o Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi secara lisan/tertulis.

c. Kegiatan Akhir

o Memajang hasil lembar kerja

o Post test

o Pemberian tugas siswa di rumah

Media/Sumber Pembelajaran yang digunakan

a. Kurikulum 2006 Mapel PKn Kls VI

b. Buku PKn Kls VI, Erlangga

c. Buku penunjang yang relevan

d. Gambar-gambarAlat Penilaian

a. Teknik : Tes Tertulis

b. Prosedur : Klasikal

c. Bentuk : Isian

d. Instrumen : Soal Evaluasi





JAWABAN TUGAS INISIASI IV

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN( PKn )


N A M A : Eko Yulianto

N I M : 282007034

KELAS : PO7S1A

KABUPATEN : GROBOGAN


SOAL


A. Ambil tes buatan guru mata pelajaran PKn, coba analisis soal tersebut dan kelompokkan soal-soal yang mengukur kemampuan kognitif ( Civic Knowledges ), afektif ( Civic Values ), dan Civic Skills !


B. Coba rancang alat penilaian mata pelajaran PKn SD untuk kelas I sampai VI yang berisi tentang penilaian kognitif, afektif, dan civic skills !


JAWABAN :


A. Analisis Soal Kelas V

1. Jelaskan arti dari “Hidup Aman dalam NKRI” ! (kognitif)

2. Bagaimana pendapatmu jika melihat teman kita yang terkena musibah? (civic skill)

3. Apa yang harus kita lakukan agar keutuhan NKRI tetap terjaga? (civil skill)

4. Sebutkan gangguan/pemberontakan yang berusaha membubarkan NKRI ! (afektif)

5. Sebutkan wilayah yang termasuk wilayah NKRI ! (afektif)


B. Alat Penilaian Mata Pelajaran PKn SD


§ Kelas I

1. Apa yang terjadi jika hak seseorang tidak terpenuhi ? (civil skill)

2. Apakah hak itu ? (kognitif)

3. Apa yang terjadi jika seseorang tidak mau menjalankan kewajibannya ? (civil skill)

4. Sebutkan 3 contoh hak kita dalam keluarga ! (afektif)

5. Sebutkan 3 contoh kewajiban kita dalam keluarga ! (afektif)


§ Kelas II


1. Sebutkan 3 contoh gotong royong di lingkungan sekolah ! (afektif)
2. Sebutkan 3 contoh gotong royong di lingkungan masyarakat (afektif)
3. Bagaimana pendapatmu jika ada orang yang tidak mau melaksanakan gotong royong ? (civil skill)
4. Apa yang kamu lakukan jika di lingkunganmu sedang ada gotong royong ? (civil skill)
5. Apakah gotong royong itu ? (kognitif)
§ Kelas III
1. Sebutkan macam-macam norma yang kalian ketahui ! (afektif)
2. Bagaimana pendapatmu jika ada seseorang yang melanggar norma dalam masyarakat ? (civil skill)
3. Apakah pengertian dari norma itu ? (kognitif)
4. Sebutkan urut-urutan silsilah dalam keluargamu ! (afektif)
5. Sebutkan 3 kewajiban orang tua ! (afektif)
§ Kelas IV
1. Sebutkan urut-urutan sebuah sistem pemerintahan desa ! (afektif)
2. Apakahkewajiban utama kita sebagai warga desa ? (civil skill)
3. Apakah yang dimaksud dengan Desa ? (kognitif)
4. Apa yang di maksud dengan kewajiban ? (kognitif)
5. Apa yang kamu lakukan jika melihat orang tua yang kesulitan menyeberangi jalan ? (civil skill)
§ Kelas V
1. Sebutkan 3 tugas seorang ketua dalam organisasi ! (afektif)
2. Sebutkan 3 tugas seorang bendahara dalam organisasi ! (afektif)
3. Bagaimana cara memilih pengurus organisasi ? (civil skill)
4. Tulislah susunan pengurus kelasmu ! (afektif)
5. Apa yang dimaksud mesyawarah dalam organisasi (kognitif)
§ Kelas VI
1. Bagaimana sikap kita dalam menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila ? (civil Skill)
2. Apakah arti Pancasila menurut pendapatmu ? (kognitif)
3. Sebutkan bunyi Pancasila ! (afektif)
4. Apa nama tempat ibadah umat Kristen ? (kognitif)
5. Ada berapakah agama yang diakui di Indonesia ? (kognitif)

Tidak ada komentar: