Jumat, 13 Juni 2008

TO 1 PKN 282007022-DASRI-SWA

Kepada:
Yth Bpk.Mawardi
Di Tempat.

Dari : DASRI
Nim :282007022
Kelas :SWA
Jawaban

-Dalam pendidikan informal:peran anggota dalam keluarga sanngat besar,terutama oleh orang tua,

-Dalam pendidikan formal:peran anggota dalam sekolah sangat besar,karena seklah merupakan pendidikan yang ke dua.

-Dalam pendidikan non formal:peran anggota dalam masyarakat sangat besar,terutama tokoh dalam masyarakat.

Pendapat tokoh yang lain adalah:

· Thorndike berpendapat seseorang akan melakukan pekerjaan jika hasil pekerjaan itu akan memberi rasa menyenangkan dan memuaskan.

· Menurud Skiner berpendapat bahwa ganjaran merupakan salah satu unsur yang penting dalam proses belajar.

· Menurud M Gagne berpendapat bahwa terjadinya belajar seseorang karena di pengarhi factor dari luar dan factor dari dalam diri orang.

· Menurud Piaget berpendapat bahwa proses berpikir manusia merupakan suatu perkembangan bertahan dari berpikir intelektual.

· Menurud Bruner beredapat bahawa kegiatan belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika siswa dapat menemukan seidri suatu aturan atau kesimpulan tertentu.



Pembelajaran proses lingkungan seseorang secara di sengaja
untuk memungkinkan turut serta dalam tingkah laku tertentu,sehingga dalam kondisi khusus akan menghasilkan respon terhadap situasi tertentu juga. Pembelajaran merupakan system lingkungan yang biasa untuk menciptakan proses belajar pada diri siswa selaku peserta didik dan guru sebagai pendidik dengan di dukung oleh seperangkat pelengkapan sehingga terjadi pembelajaran.jadi dalam pembelajaran semua kegiatan guru di arahkan untuk membantu siswa mempelajari suatu materi tertentu baik berupa pelajaran,ketrampilan,sikap,kerohanian dan sebagainya.untuk dapat membantu siswa secara baik,guru harus benar-benar merencanakan dengan matang,,daan untuk ini guru perlu mengatur latar belakang serta kemampuan dasar siswa.yang di maksud latar belakang siswa ini bukan sekedar latar ekonomi,lingkungan,asal sekolah,orang tua dan sebagainya,tetapi juga keberadaan siswa di kelas.pelajaran Pkn merupakan salah satu pelajaran yang berkaitan langsung dengan kehidupan masyarakat dan cenderung pada pendidikan effektif.

Dalam pendidikan indukatif penyajianya bahan ajar di mulai dari contoh kongrit yang mudah di pahami siswa,berdasarkan contoh-contoh siswa di harap mampu mengurus suatu kesimpulan di bawah bimbingan guru.semakin banyak contoh yang di berikan semakin besar pula tingkat kebenaran .

Contoh:
Saya akan melaksanakan pembelajaran di SD dengan topik Disiplin
Saya awali dengan memeberi contoh-contoh:Misalnya:Pada suatu keluarga dengan tiga anak di SD,dan di kelas yang sama,ada aturan bahwa sepulang sekolah,anak-anak harus membantu orang tua,harus cuci tangan,menaruh pakaian pada tempatnya,dari tiga anak tadi pasti ada yang melakukan dan pasti ada yang tidak,.skenario di informasian kepada siswa(langsung oleh guru)dari itu anak di suruh menetapkan siapa yang Disiplin dan siapa yang tidak,kemudian di akhiri dengan kesimpulan apa yang di maksud dengan Disiplin.
Jadi,dalam pembelajaran pendekatan indukatif di awali dari contoh-contoh dan di akhiri dengan kesimpulan.Sedangkan yang sebaliknya di namakan Deduktif.