Minggu, 01 Juni 2008

TO1, TO2, TO3, TO4 282007030 RINI YULIARTI P07S1A

Nama : Rini Yuliarti
NIM : 282007030
Kelas : P07S1A

Tutorial Online 1
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
( PKn )

1. Amati Tri Pusat Pendidikan yang mencakup pindidikan informal, formal, dan nonformal di lingkungan tempat tinggal Anda. Beri contoh nama lembaga dan siapa saja yang menjadi pembelajarnya.
Tri Pusat Pendidikan, antara lain :
 Pendidikan informal
yaitu pendidikan yang diperoleh anak dalam keluarga mulai dari lahir di luar pendidikan sekolah yang mengajarkan kepada anak bagaimana berbicara / belajar berkata-kata, berfikir dan berperilaku / bertingkah laku.
Contoh : di dalam lingkungan keluarga, yang menjadi pembelajarnya yaitu orang tua ( Ayah/Ibu ) dan kakak
 Pendidikan formal
Yaitu pendidikan yang diperoleh anak selama duduk di bangku sekolah mulai dari TK, SD, SLTP, SLTA, sampai Perguruan Tinggi.Dalam lembaga pendidikan formal anak menjadi obyek didik, sedangkan guru berperan sebagai pendidik / pengajar yang akan membentuk karakteristik dan kepribadian anak melalui pengetahuan dari berbagai bidang studi yang diajarkan kepada anak.
Contoh : lembaga pendidikan TK, SD, SLTP,SLTA yang menjadi pembelajarnya adalah Bapak/Ibu Guru, dan Perguruan Tinggi yang menjadi pembelajarnya adalah Bapak/Ibu Dosen.
 Pendidikan Nonformal
Yaitu pendidikan yang ada di lingkungan masyarakat, di luar sekolah dan keluarga. Anak akan belajar memperoleh pengalaman bagaimana berinteraksi / bergaul dengan teman sebayanya, tetangga ataupun dengan orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung.
Contoh : di lingkungan masyarakat di sekitar rumah, yang menjadi pembelajarnya tetangga dan teman.

2. Bandingkan pendapat ketiga tokoh tersebut pada proses terjadinya interaksi antar informasi yang masuk dengan kondisi intern siswa yang belajar. Misalnya, Ausubel berpendapat bahwa yang penting materi yang dipelajari siswa harus bermakna. Bagaimana pendapat tokoh yang lain?
Misalnya pendapat tokoh :
 Menurut Thorndike
Menurut Thorndike, belajar akan lebih berhasil jika respon anak diikuti dengan rasa senang dan kepuasan. Rasa senang dan kepuasan ini bisa timbul biasanya ketika anak mendapat pujian atau ganjaran lainnya, sehingga pada kesempatan berikutnya akan mengantarkan anak ke jenjang kesuksesan yang lebih tinggi.
 Menurut Piaget
Perkembangan belajar anak melalui empat tahap yaitu, tahap konkret, semi konkret, semi abstrak, dan abstrak. Dalam belajar struktur kognitif yang dimiliki seseorang terjadi karena proses asimilasi, dan akomodasi. Asimilasi adalah proses mendapatkan informasi dan pengalaman yang langsung menyatu dengan struktur mental seseorang. Akomodasi adalah proses menstruktur kembali mental sebagai akibat adanya informasi dan pengalaman baru.
 Menurut Bruner
Menurut Bruner ada tiga tahapan yang harus dilalui anak yaitu : Tahap Enaktif, dalam belajar anak didik memanipulasi obyek konkret secara langsung. ;Tahap Ikonik, anak didik sudah dapat memanipulasi dengan memakai gambaran dari obyek-obyek yang dimaksud. ;Tahap Simbolik, tahap memanipulasi simbol secara lagsung dan tidak lagi ada kaitannya dengan obyek-obyek.

3. Coba Anda jelaskan satu penerapan teori Ausubel tersebut pada materi PKn SD!
Penerapan teori Asaubel pada materi PKN SD yang lebih menekankan bagaimana cara berceramah yang bermakna bagi siswa. Misalkan guru mengajarkan tentang materi keramah tamahan kepada siswa, maka selain guru menjelaskan pengertian keramah tamahan guru juga harus memberikan contoh - contoh ramah tamah yang yang berada dilingkungan siswa itu sendiri. Misal saling menyapa kepada teman / tetangga. Dengan demikian penjelasan dari guru tersebut dapat dikombinasikan dengan pengalaman siswa sehari - hari apakah mereka sudah ramah atau belum kepada tetangga / temannya. Sehingga dari penjelasan dan contoh- contoh tersebut siswa dapat mengerti apa itu yang di maksud dengan keramah tamahan yang merupakan ciri khas dari bangsa Indonesia.

4. Buatlah masing-masing satu contoh scenario pembelajaran PKn SD dengan model pembelajaran deduktif dan induktif!
Contoh skenario pembelajaran PKn SD dengan model pembelajaran deduktif. Tema : “Organisasi” maka :
• Pertama-tama siswa diberi penjelasan dasar mengenai pengertian Organisasi.
• Setelah itu barulah kemudian guru dan seluruh siswa mengidentifikasi Manfaat Berorganisasi.
Contoh skenario pembelajaran PKn SD dengan model pembelajaran induktif. Tema : “Hak dan Kewajiban Warga Negara”.
• Pertama-tama guru menjelaskan tentang :
Hak dan Kewajiban Warga Negara yang diatur dalam UUD 1945.
• Setelah itu guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan tentang Hak dan Kewajiban kita sebagi warga negara yang dituangkan dalam UUD 1945.




Nama : Rini Yuliarti
Kelas : P07S1A
NIM : 282007030

TUGAS TUTORIAL ONLINE 2
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD

Analisis materi PKn kelas IV semester II

A. Standar Kompetensi
Kemampuan menghayati budaya luhur bangsa Indonesia.

B. Konsep
Budaya luhur bangsa Indonesia yang sampai sekarang masih dipegang teguh adalah nilai-nilai Pancasila.

C. Nilai
Mendalami dan menghayati kehidupan yang sesui dengan nilai-nilai Pancasila.

D. Moral
Mampu bersikap baik dengan selalu memperhatikan nilai moral dalam melaksanakan kehidupan yang sesui dengan nilai-nilai Pancasila.

E. Norma
Diperlukan norma-norma dalam melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

F. Tujuan
Menunjukan perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.



Nama : Rini Yuliarti
Kelas : P07S1A
NIM : 282007030

TUGAS TUTORIAL ONLINE 3
PENGEMBANGGAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD

A. Pembelajaran PKn kelas II semester 1

Materi : Hak dan kewajiban anggota keluarga di rumah

a. Model Pembelajaran : Pembelajaran Tematik.

b. Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi

c. Langkah-langkah pembelajaran
a. Kegiatan Pembuka
 Mengajak semua siswa berdoa untuk mengawali pelajaran.
 Guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa yang terkait dengan mata pelajaran.
b. Kegiatan Inti Pelajaran
 Guru menunjukan gambar hak dan kewajiban orang tua dan anak
 Guru melakukan tanya jawab / diskusi tentang hak orang tua yang ditunjukan pada gambar.
 Guru memberikan evaluasi dengan cara menyuruh siswa untuk bekerja kelompok menyebutkan hak dan kewajiban antara orang tua dan anak.
c. Kegiatan Penutup
 Melakukan pemantapan dan motivasi untuk melakukan dalam kehidupan sehari-hari pada materi yang telah dipelajari.

d. Sumber dan Media pembelajaran
Sumber pembelajaran :
 Buku Paket.
 Kurikulum KTSP.
Media pembelajaran : Gambar yang berhubungan dengan materi.

e. Evaluasi / Penilaian
a. Tes Lisan
Keberanian menjawab / menyampaikan pendapat dalam tanya jawab / diskusi kecil.
Ketepatan dan konsentrasi dalam menjawab pertanyaan dari guru.
b. Tes Tertulis
Pilihan Ganda.
Menjodohkan kata.
Isian.
c. Tes Perbuatan


B. Pembelajaran PKn kelas VI semester II

Materi : Politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.

a. Model Pembelajaran : Satuan Pelajaran.

b. Metode pembelajaran : Diskusi, Tanya jawab, dan ceramah.

c. Langkah-langkah pembelajaran :
1. Kegiatan Awal.
• Membuka pelajaran dengan berdoa bersama & mengabsen siswa.
• Mengadakan tanya-jawab tentang materi yang lalu untuk memotivasi.
• Memasang alat peraga ( foto / gambar ).

2. Kegiatan Inti.
• Siswa menyimak materi yang dibacakan oleh salah satu temannya.
• Siswa mendengarkan dan memahami penjelasan guru.
• Siswa diberi kesempatan untuk bertanya setelah guru menjelaskan.
• Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok ( 3 / 4 anak )
• Siswa diberi soal untuk diskusi kelompok.
• Siswa melaporkan hasil kerja kelompok.
• Guru memimpin diskusi kelas.
• Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.

3. Kegiatan Akhir
• Siswa dibimbing guru membuat resume.
• Siswa mengerjakan soal latihan.
• Guru mengoreksi dan menyimpan hasil evaluasi.
• Menutup pelajaran dengan berdoa dan memberi pesan-pesan kepada siswa.

d. Sumber dan Media Pembelajaran :
Sumber Pembelajaran :
• Buku Paket
• Kurikulum KTSP
Media Pembelajaran :
• Gambar-gambar.
• Foto.

e. Evaluasi dan Penilaian
- Tes Lisan
Keberanian menjawab / menyampaikan pendapat dalam tanya jawab / diskusi kecil.
Ketepatan dan konsentrasi dalam menjawab pertanyaan dari guru.
- Tes Tertulis
Pilihan Ganda.
Menjodohkan kata.
Isian.
- Tes Perbuatan



Nama : Rini Yuliarti
Kelas : P07S1A
NIM : 282007030

TUGAS TUTORIAL ONLINE 4
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD

1. Analisis soal Pkn Kelas V

Kelas Soal Aspek yang diukur
v 1. Apakah yang dimaksud dengan musyawarah mufakat ? Kognitif
2. Bagaimana tata cara bertanya yang baik dalam musyawarah ? Afektif
3. Jika muyawarah mufakat tidak tercapai langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya ? Kognitif
4. Bagaimana sikap / cara kita dalam menghargai orang lain dalam bermusyawarah ? Afektif
5. Apa yang kamu lakukan apabila ada salah satu teman dari kamu ada yang tidak disiplin / mematuhi perundang-undangan ? Ketrampilan


2. Alat penilaian Pkn SD Kelas I – VI

Kelas Soal Aspek yang diukur
I 1. Apa yang dimaksud kewajiban ? Kognitif
2. Apakah kewajiban kita sebagai siswa dilingkungan sekolah? Afektif
3. Berikan satu contoh hak yang mesti kamu dapatkan di sekolah ? Ketrampilan
II 1. Apa saja bentuk gotong royong dalam lingkungan rumah,sekolah dan masyarakat ? Kognitif
2. Mengapa kita harus menerapkan hidup gotong royong ? Afektif
3. Apa tindakan kamu jika dilingkungan rumah kalian ada kegiatan kerja bhakti ? Ketrampilan
III 1. Apa makna sumpah pemuda bagi bangsa indonesia ? Kognitif
2. Mengapa kita harus menghargai jasa pahlawan sumpah pemuda ? Afektif
3. Bagaimana sikap yang perlu kalian tanamkan pada peringatan hari sumpah pemuda ? Ketrampilan
IV 1. Apakah pengertian dari era globalisasi ? Kognitif
2. Bagaimana sikap kalian dalam menghadapi era globalisasi ? Afektif
3. Apa yang harus kamu lakukan dalam mengahadapi era globalisasi Ketrampilan
V 1. Apakah semboyan bangsa Indonesia ? Kognitif
2. Nilai / sikap apa yang dapat kita ambil dari semboyan bangsa Indonesia itu sendiri ? Afektif
3. Bagaimana sikap kita dalam menyikapi perbedaan-perbedaan pada setiap suku di Indonesia ? Ketrampilan
VI 1. Apa politik luar negeri Indonesia ? Kognitif
2. Sikap / nilai apa yang paling mendasari dalam membina kerukunan dalam hidup bermasyarakat ? Afektif
3. jelaskan sikap yang perlu kita bina dalam menyikapi semakin lunturnya nilai moral / kesopanan anak di jaman sekarang ? Ketrampilan

Tidak ada komentar: