Rabu, 25 Juni 2008

SUWARDI-282007009-TO:PKn1

NAMA : SUWARDI
NIM : 2820070O9
KELAS : P07 S 1 A ( SWA)
KABUPATEN : BLORA
==========================================================================
MATA KULIAH :
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Jawaban Tugas Tutorial Online 1

1. Tri Pusat Pendidikan :
1 Pendidikan Informal : pendidikan yang ada dalam keluarga.
Contoh : Di rumah/keluarga pengajarnya anggota keluarga
( Ayah, Ibu, Kakak, Nenek dll.).
1 Pendidikan Formal : pendidikan sekolah. Baik sekolah negeri maupun sekolah swasta.
Contoh : - Sekolah Dasar Negeri pengajarnya diangkat oleh
pemerintah.
- SMP Muhammadiyah pengajarnya guru tetap
yayasan dan guru negeri yang diperbantukan.
1 Pendidikan Non Formal : pendidikan yang ada dalam masyarakat, dan berupa kursus-kursus ketrampilan.
Contoh : Kursus menjahit pengajarnya orang yang pandai
bidang menjahit/yayasan swasta.
2. Pendapat tokoh pada proses terjadinya interaksi antar informasi yang masuk dengan kondisi intern siswa yang belajar :
a. Thorendike, cara belajar manusia dan binatang pada dasarnya sama, karena belajar pada dasarnya terjadi melalui pembentukan asosiasi antara stimulus dan respon.
b. Skinner, belajar merupakan suatu proses atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif.
c. Robert M. Gagne, belajar seseorang dipengaruhi faktor dari luar dan faktor dari dalam yang saling berinteraksi.
3. Penerapan Teori Ausubel pada materi PKn SD :
Belajar dengan menemuan yang bermakna dan belajar dengan ceramah yang bermakna.
Dalam memberikan materi PKn di SD yang bermakna, maka siswa akan mudah memahaminya, apalagi bahan ajar ada kaitannya dengan ppengetahuan yang dimiliki anak meskipun dengan menggunakan ceramah dan tidak menghafal.
4. Contoh skenario pembelajaran PKn SD dengan model Deduktif dan Induktif :
a. Contoh Pembelajaran Deduktif :
1. Guru menyiapkan topik Perwujudan Kehidupan Demokrasi di Indonesia dalam Pemilihan Umum.
2. Guru menyampaikan asas pemilu : LUBERJURDIL.
3. Guru menanyakan arti Luberjurdil kepada siswa.
4. Guru menjelaskan arti asas pemilu Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, Adil.
5. Guru memberikan contoh tiap asas pemulu di atas.
6. Guru memberi kesempatan siswa bertanya kepada guru tentang materi yangb telah diberikan.
7. Guru membagi lembar kerja.
8. Guru memberikan soal-soal penilaian.
9. Siswa mengerjakan soal penilaian yang diberikan guru.
b. Contoh Pembelajaran Induktif :
1. Guru menyiapkan topik Makna Demokrasi.
2. Guru menyuruh siswa untuk membentuk kepanitiaan.
3. Guru memberi pengarahan tata cara pemilihan.
4. Guru menyuruh siswa mengajukan bakal calon pengurus.
5. Guru menganjurkan tiap anak menuliskan satu orang pilihan.
6. Guru dibantu siswa mengumpulkan dan menghitung hasil pemungutan suara.
7. Siswa diberi kesempatan bertanya tentang tata cara pemilihan itu.
8. Siswa dibimbing guiru menyimpulkan pemilihan yang telah dilaksanakan.
9. Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya kepada guru jika ada yang jelas tentang pelajaran yang diberikan.
10. Guru membagi Lembar Kerja Siswa tentang Makna Demokrasi, kemudian memberi soal evaluasi.

Tidak ada komentar: