Jumat, 16 Mei 2008

DENNY LESTIAWATI 282007014 TO 4 PKn

NAMA : DENNY LESTIAWATI
NIM : 282 007 014
KELAS : SW A
TUGAS PKn TO 4
1.Analisis soal PKn yang mengukur kemampuan kognitif ( civic knowledges ) , afektif ( Civic Valuer ) dan civic skills
Kelas / Semester : II / II
Standar Kompetensi : Menampilkan sikap demokratis
I.Kemampuan Kognitif ( Civic Knowledges )
a.Model soal pilihan ganda ( obyektif tes )
SOAL :
Berilah tanda silang (X) pada a, b, c pada jawaban yang tepat !
1.Musyawarah dalam lingkungan RT biasanya dipimpin oleh seorang ....
a. Ketua RT b. Ketua RW c. Kepala Desa
2.Salah satu hak setiap peserta yang ikut dalam sebuah rapat adalah ....
a. Memprotes b. Menyampaikan pendapat d. Memimpin rapat
3.Keputusan dirumah sebaiknya diputuskan oleh ....
a. Ibu b. Ayah d. Semua anggota keluarga
4.Jika ada teman yang memberi usul sebaiknya kita ....
a. Memotong pembicaraannya b. Menghargainya d. Tidak menerimanya
5.Contoh musyawarah di lingkungan RT adalah ....
a. Ikut Posyandu b. Memilih Ketua RT d. Memilih Kepala Desa

b.Model Soal Esai
SOAL :
Isilah tiitk-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.Salah satu sikap yang perlu diperhatikan agar musyawarah berjalan dengan baik adalah ....
2.Keputusan yang ada dirumah diputuskan oleh ....
3.Setiap peserta musyawarah berhak memberikan ....
4.Jika pendapat kita tidak diterima sebaiknya kita ....
5.Keputusan yang diambil bersama sebaiknya dilaksanakan oleh ....
KUNCI JAWABAN
a.Pilihan Ganda
1. a 2. b 3. c 4. b 5. b
b.Esai
1.Mentaati peraturan musyawarah
2.Semua anggota keluarga
3.Pendapat
4.Menerimanya dengan lapang dada / idak perlu marah
5.Semua anggota musyawarah

2.Alat Penilaian Mata Pelajaran PKn Sd untuk kelas 1 – 6 yang berisi tentang penilaian kognitif, afektif, dan civic skills.
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
Kelas / Semester : I / I

I.Aspek kognitif ( civic knowledges ) dengan model soal esai.
SOAL :
1.Jika kamu melakukan kesalahan kepada temanmu sebaiknya ....
2.Contoh perilaku rukun dengan teman dirumah ....
3.Contoh hidup rukun dalam beribadah di sekolah ....
4.Jika ada teman bersalah dan meminta maaf sebaiknya ....
KUNCI JAWABAN :
1.Minta maaf
2.Bermain bersama teman
3.Beribadah bersama
4.Memaafkan
5.Terpuji



II.Aspek afektif ( civic values ) dengan model soal skala sikap ( rating scale )
Berilah tanda cek ( V ) pada kolom pernyataan yang sesuai menurut pendapatmu :
SOAL :
No
Perilaku
Baik
Sedang
Tidak Baik

1.

2.

3.

4.

5.

Menghormati ibu guru

Bertengkar dengan teman

Memberi uang jajan teman

Mengejek teman

Memaafkan kesalahan teman






KUNCI JAWABAN :
No
Perilaku
Baik
Sedang
Tidak Baik

1.

2.

3.

4.

5.

Menghormati ibu guru

Bertengkar dengan teman

Memberi uang jajan teman

Mengejek teman

Memaafkan kesalahan teman


V







V





V



V




V














III.Aspek Psikomotor ( civic skills ) dengan model soal tes unjuk kerja ( performance )
SOAL :
Tulislah sikap dan perilaku siswa saat disekolahan terkait dengan kerukunan dalam beraktivitas dengan memberikan tanda cek ( V ) dalam tabel yang tersedia :
No
Nama
Murid
Mengerjakan tugas piket bersama
Mengajari teman belajar
Bermain bersama pada waktu istirahat
Membagi jajan dengan teman

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

Ripan

Linda

Jepri

Eni

Koko

Lisa

Kiki

Ana





KUNCI JAWABAN :
No
Nama
Murid
Mengerjakan tugas piket bersama
Mengajari teman belajar
Bermain bersama pada waktu istirahat
Membagi jajan dengan teman

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

Ripan

Linda

Jepri

Eni

Koko

Lisa

Kiki

Ana

V

V



V



V



V



V



V





V

V

V

V

V

V

V

V

V

V

V



V



V

V









Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Menampilkan Sikap Demokratis
Kelas / Semester : II / II
I.Aspek kognitif ( civic knowledges ) dengan model soal pilihan ganda ( obyektif tes )
SOAL :
1.Salah satu hak setiap peserta yang ikut dalam sebuah rapat adalah ....
a. Memprotes b. Menyampaikan pendapat c. Memimpin rapat
2.Putusan yang telah diambil dalam rapat sebaiknya ....
a. Dilaksanakan b. Dibiarkan saja c. Diprotes
3.Pendapat kita yang tidak diterima dalam rapat sebaiknya ....
a. Diprotes b. Dimengerti c. Marah
4.Contoh musyawarah di kelas adalah ....
a. Pemilihan Wali Kelas b. Pemilihan Ketua Kelas c. Pemilihan Kepala Sekolah
5.Dalam memberi pendapat sikap kita harus ....
a. Sopan b. Keras c. Kasar

KUNCI JAWABAN :
1. b 2. a 3. b 4. b 5. a

II.Aspek afektif ( civic values ) dengan model soal skala sikap / bertingkat ( Rating scale )
SOAL :
Pilih salah satu jawaban yang cocok dengan pilihanmu dan beri tanda cek ( V )
Perilaku Budi dalam peraturan musyawarah di sekolah saat pemilihan ketua kelas :
No
Perilaku
Baik
Kurang Baik
Tidak Baik

1.

2.

3.

4.

5.

Menghargai pendapat orang lain

Berbicara sendiri sewaktu musyawarah

Menerima hasil musyawarah

Keluar masuk ruangan

Mengajukan usul dengan sopan.





KUNCI JAWABAN :
No
Perilaku
Baik
Kurang Baik
Tidak Baik

1.

2.

3.

4.

5.

Menghargai pendapat orang lain

Berbicara sendiri sewaktu musyawarah

Menerima hasil musyawarah

Keluar masuk ruangan

Mengajukan usul dengan sopan.


V



V



V







V



V

III.Aspek Psikomotor ( civic skills ) dengan model soal tes unjuk kerja ( Performance )
SOAL :
Tuliskan siakp dan perilaku siswa ketika musyawarah tentang pemilihan tempat rekreasi dengan memberikan tanda cek ( V ) dalam tabel yang tersedia :
No
Contoh Perilaku
Selalu
Sering
Tidak pernah

1.

2.


3.

4.

Mengajukan usul tempat rekreasi dengan sikap sopan.

Menghargai pendapat teman lain tentang tempat rekreasi yang lebih bagus.

Tidak memaksakan kehendak dalam memilih tempat rekreasi

Menerima hasil musyawarah dimanapun tempat rekreasi itu.





KUNCI JAWABAN :
No
Contoh Perilaku
Selalu
Sering
Tidak pernah

1.

2.


3.

4.

Mengajukan usul tempat rekreasi dengan sikap sopan.

Menghargai pendapat teman lain tentang tempat rekreasi yang lebih bagus.

Tidak memaksakan kehendak dalam memilih tempat rekreasi

Menerima hasil musyawarah dimanapun tempat rekreasi itu.


V






V






V



V




















Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Mengamalkan Makna Sumpah Pemuda
Kelas / Semester : III / I


I.Aspek Kognitif ( Civic Knowledges ) 29 model soal pilihan ganda dan obyektif.
1.Dengan Sumpah Pemuda suku bangsa di negara kita menjadi ....
a.Mementingkan daerahnya
b.Bangga terhadap daerahnya
c.Menghormati suku bangsa lain.
2.Kita harus mensyukuri adanya Sumpah Pemuda karena ....
a.Bangsa kita menjadi bersatu
b.Bangsa kita menjadi kaya raya
c.Negara kita semakin luas
3.Jika saat Sumpah Pemuda saya sudah dewasa, saya akan ....
a.Mendengarkan berita Sumpah Pemuda itu di radio.
b.Ikut serta membaca ikrar Sumpah Pemuda.
c.Minta tanda tangan kepada para tokoh pemuda.
4.Meskipun peristiwa sumpah pemuda sudah lama berlalu, tapi ....
a.Nilai-nilainya terus diterapkan.
b.Aku masih tetap mengingatnya.
c.Aku tetap bangga kepada para tokohnya.
5. Ketika upacara, aku pernah mengucapkan ikrar sumpah pemuda. Saat itu ....
a.Aku sedih ketika mengucapkannya.
b.Aku membacanya biasa-biasa saja.
c.Perasaanku bangga dan terharu.

KUNCI JAWABAN :
1.c 2. a 3. b 4. a 5. c


II.Aspek afektif ( civic values ) dengan model soal skala sikap ( Rating Scale )
SOAL :
Baca soal ini dengan teliti, kemudian pilih salah satu jawaban yang paling tepat !
1.Nilai – nilai Sumpah Pemuda perlu terus diterapkan untuk menjaga persatuan bangsa.
2.Nilai-nilai Sumpah Pemuda perlu diterapkan karena sesuai sila ke 3 Pancasila.
3.Nilai-nilai sumpah pemuda tidak perlu diterapkan karena adanya otonomi daerah.
4.Nilai-nilai sumpah Pemuda tidak perlu diterapkan karena tidak mendidik bangsa untuk maju.
5.Nilai-nilai Sumpah Pemuda perlu diterapkan karena sesuai untuk menyatukan bangsa Indonesia dengan beraneka ragam sukunya.

KUNCI JAWABAN :
No
Sangat Suka
Suka
Biasa
Tidak Suka
Sangat Tidak Suka
1.
2.
3.
4.
5.
V



V

V




V



V

III. Aspek Psikomotor ( civic skills ) dengan model Soal Tes Unjuk Kerja ( Performance )
SOAL :
Berilah tanda cek ( V ) pada kolom selalu, jarang atau tidak pernah sesuai dengan perbuatanmu sehari-hari.
No
Sikap dan Perbuatan
Selalu
Jarang
Tidak Pernah
1.
2.

3.

4.

5.
Tertib mengikuti upacara bendera.
Marah jika ada yang menjelek-jelekkan bangsa Indonesia.
Berteman tidak membedakan asal suku bangsa atau agama teman.
Lebih senang cerita Indonesia daripada komik yang bercerita tentang luar negeri.
Senang menggunakan pakaian buatan Indonesia.




KUNCI JAWABAN :
No
Sikap dan Perbuatan
Selalu
Jarang
Tidak Pernah
1.
2.

3.

4.

5.
Tertib mengikuti upacara bendera.
Marah jika ada yang menjelek-jelekkan bangsa Indonesia.
Berteman tidak membedakan asal suku bangsa atau agama teman.
Lebih senang cerita Indonesia daripada komik yang bercerita tentang luar negeri.
Senang menggunakan pakaian buatan Indonesia.






Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kelas / Semester : IV / II

I.Aspek kognitif ( civic knowledges )
Kerjakan soal-soal di bawah ini sesuai perintah !
1.Tulislah tiga (3) perilaku sehari-hari kamu yang mencerminkan sikap melestarikan budaya Indonesia !
2.Mengapa misi kebudayaan Indonesia sering diundang ke luar negeri ?
3.Negara mana saja yang disebut negara tetangga ?
4.Tuliskan jenis tarian yang ada di daerahmu !
5.Tuliskan kelompok kesenian mana saja yang pernah tampil di luar negeri !
KUNCI JAWABAN :
1.a. Belajar kesenian daerah
b. Menonton kesenian tradisional
c. Menyumbang dana pementasan
2.Karena kebudayaan Indonesia sangat mempesona dan menarik.
3.Malaysia, Brunei Darusalam, Singapura, Filipina, Thailand.
4.Tari Gambyong, Tari Bondan, Tari Bambang Cakil.
5.Grup Tari Krida Budaya, Tim Kesenian Bali, Grup Seni Nanglang Danasih.

II.Aspek Afektif ( civic values ) dengan model soal skala sikap / bertingkat (rating scale)
SOAL :
Perhatikan berbagai kegiatan dibawah ini. Kegiatan manakah yang menurutmu baik sekali, baik, sedang dalam menghadapi globalisasi ?
No
Kegiatan
Tidak baik
Sedang
baik
1.
2.
3.
4.
5.
Menonton TV hingga larut malam.
Mengajari orang asing cara menari tradisional Indonesia.
Membaca novel anak-anak luar negeri.
Belajar budaya lain menggunakan internet.
Hanya membeli sepatu buatn luar negeri.




KUNCI JAWABAN
No
Kegiatan
Tidak baik
Sedang
baik
1.
2.
3.
4.
5.
Menonton TV hingga larut malam.
Mengajari orang asing cara menari tradisional Indonesia.
Membaca novel anak-anak luar negeri.
Belajar budaya lain menggunakan internet.
Hanya membeli sepatu buatn luar negeri.


III.Aspek Psikomotor (civic skills) dengan model soal tes unjuk kerja (performance).
SOAL :
Tuliskan sikap dan perilaku siswa ketika berdiskusi tentang globalisasi lingkungan (budaya) dengan memberikan tanda cek (V) dalam tabel yang tersedia.

No
Sikap dan Perbuatan
Selalu
Sering
Tidak Pernah
1.

2.

3.

4.
5.
Menjelaskan konsep globalisasi dan budaya dengan jelas dan sopan.
Mematuhi tata tertib dengan disiplin selama diskusi berlangsung.
Menghargai pendapat orang lain tentang budaya traficking dan HAM yang menglobal.
Tidak memaksakan kehendak dalam diskusi.
Mengajukan pendapat yang tajam tetapi tetap sopan dan terkesan patuh.




KUNCI JAWABAN :
No
Sikap dan Perbuatan
Selalu
Sering
Tidak Pernah
1.

2.

3.

4.
5.
Menjelaskan konsep globalisasi dan budaya dengan jelas dan sopan.
Mematuhi tata tertib dengan disiplin selama diskusi berlangsung.
Menghargai pendapat orang lain tentang budaya traficking dan HAM yang menglobal.
Tidak memaksakan kehendak dalam diskusi.
Mengajukan pendapat yang tajam tetapi tetap sopan dan terkesan patuh.




V












Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Menghargai keputusan bersama
Kelas / Semester : V / II
I.Aspek Kognitif ( civic knowledges ) dengan model soal esai.
SOAL :
Isilah titik-titik pada soal dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.Sikap kita terhadap keputusan bersama yang telah diambil adalah ....
2.Hukuman yang baik artinya hukuman setimpal dengan ....
3.Untuk mengatur kehidupan masyarakat maka dibuat ....
4.Bila mufakat tidak tercapai maka dilakukan ....
5.Berada di sekolah, seorang murid harus mengikuti aturan ....
KUNCI JAWABAN :
1.Melaksanakannya.
2.Kesalahan yang dilakukan.
3.Peraturan / tata tertib masyarakat.
4.Suara terbanyak.
5.sekolah.
II.Aspek Afektif ( civic values ) dengan model soal skala sikap ( rating scale )
SOAL :
Pilih salah satu jawaban yang cocok dengan pilihanmu dan beri tanda cek (V)
Perilaku Amir dalam mematuhi keputusan bersama dalam menjalankan peraturan sekolah :
No
Sikap dan Perbuatan
Sedang
Baik
Baik Sekali
1.
2.
3.
4.
5.
Datang ke sekolah sebelum bel bunyi
Membuat surat ijin jika tidak masuk sekolah.
Tidak menyontek waktu tes berlangsung.
Mengucap salam setiap ketemu guru.
Bermain di halaman sekolah




KUNCI JAWABAN :
No
Sikap dan Perbuatan
Sedang
Baik
Baik Sekali
1.
2.
3.
4.
5.
Datang ke sekolah sebelum bel bunyi
Membuat surat ijin jika tidak masuk sekolah.
Tidak menyontek waktu tes berlangsung.
Mengucap salam setiap ketemu guru.
Bermain di halaman sekolah
V

V


V


V
V
III.Aspek Psikomotor (civic skills) dengan model soal tes unjuk kerja (performance)
SOAL :
Tuliskan sikap dan perilaku siswa dalam mengikuti ujian tengah semester terkait dengan ketertiban mematuhi keputusan bersama dalam menjalankan peraturan saat ujian berlangsung.
Nama
Murid
Bersikap tenang saat mengerjakan soal ujian
Mengerjakan soal dengan teliti dan benar
Tidak membawa contekan
Membawa alat tulis lengkap
Mengerjakan soal sesuai dengan waktu yang tersedia.
Wiwik
Yoga
Santoso
Ipuk
Rofi’i
Nana






KUNCI JAWABAN :
Nama
Murid
Bersikap tenang saat mengerjakan soal ujian
Mengerjakan soal dengan teliti dan benar
Tidak membawa contekan
Membawa alat tulis lengkap
Mengerjakan soal sesuai dengan waktu yang tersedia.
Wiwik
Yoga
Santoso
Ipuk
Rofi’i
Nana
V
V
V
V
V
V
-
V
V
V
-
V
V
V
-
V
V
V
V
-
V
-
V
-
V
V
V
V
V
V















Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi
Kelas / Semester : VI / II


I.Aspek Kognitif ( civic knowledges ) dengan model soal pilihan ganda ( obyektif tes )

SOAL :

Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang tepat !
1.Secara resmi pemerintah Indonesia menyatakan bahwa politik luar negerinya bebas dan aktif pada tanggal ....
a.17 Agustus 1945
b.2 September 1948
c.27 Juli 1950
d.8 Agustus 1967
2.Politik luar negeri Indonesia bebas dan aktif, bebas artinya ....
a.Dapat berhubungan dengan negara manapun.
b.Dapat berpihak ke negara blok barat atau blok timur.
c.Tidak terikat oleh politik negara adikuasa manapun.
d.Tidak ikut campur terhadap urusan negara lain.
3.Landasan politik luar negeri Indonesia adalah ....
a.Sila kemanusiaan yang adil dan beradab.
b.Alinea pertama Pembukaan UUD 1945.
c.Pasal 13 ayat 1 dan 2 UUD 1945.
d.Pancasila dan UUD 1945.
4.Keikutsertaan Indonesia dalam menjaga keamanan dan perdaiaman dunia diwujudkan dalam bentuk ....
a.Pengiriman pasukan garuda atas permintaan PBB.
b.Pengiriman pasukan garuda untuk membantu salah satu negara.
c.Pengiriman petugas diplomat ke negara yang bersengketa.
d.Pengiriman utusan yang membawai misi perdamaian.

5.Indonesia pernah mengirimkan pasukan garuda ke Timur Tengah tahun 1956 karena terjadi ....
a.Perang antara Irak dan Iran.
b.Perang antara Irak dan Kuwait.
c.Konflik masalah Terusan Suez
d.Perang teluk antara Libia dan Amerika Serikat.
KUNCI JAWABAN :
1. b 2. c 3. d 4. a 5. c
II.Aspek afektif ( civic values ) dengan model soal skala sikap ( rating scale )
SOAL :
Baca soal ini dengan teliti, kemudian pilih salah satu jawaban yang paling tepat menurutmu !
1.Politik luar negeri Indonesia perlu dirumuskan lebih baik lagi untuk menghadapi era globalisasi.
2.Politik luar negeri Indoensia dalam era globalisasi tidak perlu ditingkatkan karena Indoensia sudah maju.
3.Peran politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi perlu terus ditingkatkan untuk dapat bersaing dengan negara lain.
4.Peran politik luar negeri Indoensia dalam era globalisasi perlu terus dikembangkan supaya Indonesia dapat lebih maju dan dikenal oleh negara lain.
5.Politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi tidak perlu ditingkatkan karena hanya menambah masalah politik negara Indonesia.
KUNCI JAWABAN :
No
Sangat Suka
Suka
Biasa
Tidak Suka
1.
2.
3.
4.
5.
V



V


V

V


V







III.Aspek psikomotor ( civic skills ) dengan model tes unjuk kerja ( performance )
SOAL :
Tulikan sikap / perilaku siswa waktu menyaksikan / menonton video tentang peran politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi terkait dengan keteraturan dalam membuat rangkuman / ringkasan isi cerita dengan memberi tanda cek (V) dalam tabel yang tersedia.
Nama
Murid
Konsentrasi penuh melihat video tentang peran politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi untuk memahami isi cerita.
Mencatat hal-hal penting tentang peran politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.
Mencatat hal-hal yang baru yang belum mereka pahami tentang peran politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.
Membuat ringkasan isi cerita tentang peran politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.

Iin
Aris
Yuni
Aldi
Darman
Reni





KUNCI JAWABAN :
Nama
Murid
Konsentrasi penuh melihat video tentang peran politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi untuk memahami isi cerita.
Mencatat hal-hal penting tentang peran politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.
Mencatat hal-hal yang baru yang belum mereka pahami tentang peran politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.
Membuat ringkasan isi cerita tentang peran politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.

Iin
Aris
Yuni
Aldi
Darman
Reni
V
-
V
V
V
-
V
V
V
V
-
V
V
V
-
-
V
V
-
V
V
V
V
V

Tidak ada komentar: