Senin, 26 Mei 2008

TO 4 PKn

NAMA : SRI POSWINDAR
NIM : 282007004
KELAS : P O 7 S 1 A / S W A
MATA KULIAH : PKn SD
SEMESTER : 2 ( DUA )
ASAL KOTA : BLORA



TO 4 PKn SD

A. CONTOH TES MATA PELAJARAN PKn SD

Analisis soal PKn SD kelas III (Tiga)
Semester I (Satu)
Kompetensi Dasar: Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
Jenis soal Soal Uraian Kunci
Kognitif Afektif Keterampilan


Esai







































































1.Tulislah isi Sumpah Pemuda!









2.Kapan Sumpah pemuda dicetus kan?



3.Siapa saja tokoh-tokoh pemuda yang berperan dalam konggres pemuda II?

4.Di lingkungan tempat tinggalmu ada keluarga pendatang yang menempati rumah kosong disebelah rumahmu. Sikapmu terhadap keluarga tersebut adalah?

5.Bagaimana tindakanmu jika melihat temanmu yang berbeda agama jatuh dari sepeda?

6.Kapan lagu Indonesia Raya pertama kali dinyanyikan?


7.Apa yang kamu lakukan jika di daerah lain ada bencana alam?




8.Siapa pencipta lagu Indonesia Raya?



9.Bagaimana sikapmu ketika teman sekelasmu yang berlainan agama sedang sakit?


10.Bagaimana sikapmu, jika kamu melihat teman-temanmu sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmad dan semangat? Mengetahui isi dari Sumpah Pemuda








Mengetahui sejarah terjadinyaSumpah Pemuda

Mengetahui tokoh- tokoh Sumpah Pemuda






















Mengetahui sejarah terjadinya Sumpah Pemuda









Mengetahui sejarah terjadinya Sumpah Pemuda
























Membiasakan diri untuk bersikap ramah pada orang lain.

































Membiasakan diri untuk bersikap
saling menyanyangi

Penerimaan yang meng akui penil aian sikap baik orang lain.










































Kemapuan berperi laku yang disesu aikan deng an sikap tolong menolong






kemampuan melakukan sikap moral membantu teman yang butuh bantuan

Isi Sumaph Pemuda
-Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia
-Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa Persatuan Bahasa Indonesia
-Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia

Sumpah Permuda dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928.




Tokoh yang berperan dalam Konggres Pemuda II yaitu Wage Rudolf Supratman dan Muhammad Yamin.



Bersikap ramah pada keluarga tersebut.











Segera memberi pertolongan tanpa mengharap imbalan.





Pada konggres pemuda II yaitu pada tanggal 28 Oktober 1928.



Memberi bantuan berupa uang, obat-obatan, makanan siap saji.





W.R Supratman





Menjengguknya dan mendoakan supaya cepat sembuh.





Ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmad dan semangat

Pengelompokan Soal Tes PKn SD kelas III (Tiga)
Berdasarkan kemampuan Kognitif, Afektif dan Psikomotor

Mata pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
Kelas/semester : III/1
Model soal : Esei

SOAL
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang jelas dan tepat!

1. Tulislah isi Sumpah Pemuda! (Menggukur kemampuan kognitif)
2. Kapan Sumpah Pemuda dicetuskan? (Menggukur kemampuan kognitif)
3. Siapa saja tokoh-tokoh pemuda yang berperan dalam konggres pemuda II?
(Menggukur kemampuan kognitif)
4. Di lingkungan tempat tinggalmu ada keluarga pendatang yang menempati rumah kosong disebelah rumahmu. Sikapmu terhadap keluarga tersebut adalah? (Menggukur kemampuan afektif)
5. Bagaimana tindakanmu jika melihat temanmu yang berbeda suku, jatuh dari sepeda?
6. Kapan lagu Indonesia Raya pertama kali dinyanyikan? (Menggukur kemampuan kognitif)
7. Apa yang kamu lakukan jika di daerah lain ada bencana alam? (Menggukur kemampuan psikomotor)
8. Siapa pencipta lagu Indonesia Raya? (Menggukur kemampuan kognitif)
9. Bagaimana sikapmu ketika teman sekelasmu yang berlainan agama sedang sakit? (Menggukur kemampuan afektif )
10. Bagaimana sikapmu, jika kamu melihat teman-temanmu sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmad dan semangat?
(Menggukur kemampuan afektif )

B. ALAT PENILAIAN MATA PELAJARAN PKn SD

1. Kelas 1
Mata pelajaran : PKn
Standar kompetensi : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
Model soal : Esai
Penilaian Kognitif
Bentuk soal : Esai
SOAL
1. Teman kita di sekolah ada yang laki-laki dan ....
2. Anak yang beragama kristen beribadah di ....
3. Dengan teman berbeda agama harus ....
4. Bermain olah raga dengan teman tidak boleh ....
5. Tuhan menciptakan kita bermacam-macam suku bangsa untuk saling mengenal dan saling ....
Kunci Jawaban
1. Perempuan
2. Gereja
3. Saling menghormati
4. Bertengkar
5. Menyanyangi

Penilaian Afektif
Model soal : Skala Sikap/bertingkat (Rating Scale)
SOAL
Pilih salah satu jawaban yang cocok dengan pilihanmu, dan beri tanda cek (V).

Perilaku Rudi dalam menerapkan hidup rukun dengan teman sekelasnya.
No Perilaku Sedang Baik Baik Sekali
1 Menghormati teman yang sedang menjalankan ibadah.
2 Menyayangi semua teman sekelas tanpa membedakan agama, suku maupun jenis kelaminnya.
3 Menjengguk teman yang sedang sakit.
4 Ikut kerja bakti membersihkan kelas.
5 Membantu teman yang sedang kesulitan mengerjakan PR Matematika.

Kunci Jawaban
No Perilaku Sedang Baik Baik Sekali
1 Menghormati teman yang sedang menjalankan ibadah. V
2 Menyayangi semua teman sekelas tanpa membedakan agama, suku maupun jenis kelaminnya. V
3 Menjengguk teman yang sedang sakit. V
4 Ikut kerja bakti membersihkan kelas. V
5 Membantu teman yang sedang kesulitan mengerjakan PR Matematika. V

Penilaian Psikomotor
Bentuk soal : Esai
SOAL
1. Apa yang kamu lakukan jika melihat temanmu yang berlainan agama sedang jatuh dari sepeda?
2. Jika kita bertemu pak guru di jalan, maka sikap kita adalah ....
3. Bagaimana sikapmu supaya rukun dengan temanmu?
4. Jika temanmu sedang berkelahi, tindakkanmu adalah?
5. Bagaimana sikapmu jika ada temanmu sakit?

Kunci Jawaban
1. Menolongnya dan mengobati lukanya
2. Memberi salam
3. Saling menyanyangi
4. Melerainya
5. Menjengguk dan mendoakan supaya lekas sembuh

2. Kelas 2
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Membiasakan hidup bergotong royong.
Kelas/Semester : II/I

Penilaian Kognitif
Model Soal : Pilihan ganda
SOAL
Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, atau c pada jawaban yang paling benar!
1. Bekerja gotong royong cepat selesai bila dilaksanakan dengan ....
a. ikhlas b. paksaan c. ancaman
2. Kita harus .... hidup rukun dan damai.
a. menolak b. menerima c. menciptakan
3. Gotong royong dilakukan agar pekerjaan....
a. bertambah berat b. bertambah lama c. lebih cepat
4. Hidup aman dan damai sebaiknya dimulai sejak ....
a. kanak-kanak b. dewasa c. kemarin
5. Bekerja bergotong royong membangun rumah banyak kita jumpai di....
a. desa b. kota c. kecamatan

Kunci Jawaban
1. a 2. c 3. c 4. a 5. a

Penilaian Afektif
Bentuk soal : Skala sikap
SOAL
Apa kamu sering melakukan tindakan dalam tabel di bawah ini ? Berilah tanda centang (√) pada kolom jawaban yang kamu lakukan sehari-hari !
No Perilaku Sering Kadang-kadang Jarang Tidak
Pernah
1 Ibadah bersama
2 Menyapu halaman rumah
3 Berbicara sopan
4 Menyiram bunga di taman
5 Membantu orang tua
6 Hormat pada orang tua
7 Kasih sayang sesama
8 Berkelahi dengan adik dan kakak
9 Belajar bersama teman
10 Memarahi orang tua




Kunci Jawaban
No Perilaku Sering Kadang-kadang Jarang Tidak
Pernah
1 Ibadah bersama V
2 Menyapu halaman rumah V
3 Berbicara sopan V
4 Menyiram bunga di taman V
5 Membantu orang tua V
6 Hormat pada orang tua V
7 Kasih sayang sesama V
8 Berkelahi dengan adik dan kakak V
9 Belajar bersama teman V
10 Memarahi orang tua V

Penilaian Psikomotor
Model soal : Esai
SOAL
1. Jika teman-temanmu sedang kerja bakti membersihkan halaman sekolah dan memperbaiki pagar sekolah, maka tindakanmu adalah?
2. Apa yang akan kamu lakukan jika kamu melihat tetanggamu sedang bergotong royong membangun jembatan?
3. Jika tetangga daerah tempat tinggalmu terkena bencana alam, apa yang sebaiknya kamu lakukan bersama-sama temanmu?
4. Apa yang akan kamu lakukan, jika kamu dimintai bantuan ayahmu untuk menggambilkan air untuk menyiram bunga?
5. Gambarlah pada jam dibawah ini, pukul berapa kamu melakukan kegiatan ?













Pukul ..........aku berangkat Pukul ........ aku membantu ibu menyapu
ke sekolah . halaman.

Kunci Jawaban
1. Ikut bekerja bakti membersihkan halaman sekolah
2. Ikut bergotong royong membangun jalan
3. Menolong korban bencana alam dan memberi bantuan makanan maupun obat-obatan.
4. Mematuhi/melaksanakan perintah ayah
5.






Pukul 06. 00 aku berangkat Pukul aku 17. 00 aku membantu ibu menyapu
ke sekolah . halaman.

3. Kelas 3
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.
Kelas/Semester : III/I



Penilaian Kognitif
Bentuk soal : Esai
SOAL
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang paling tepat !
1. Aturan dapat secara tertulis dan ....
2. Kepala keluarga wajib mempunyai KK termasuk contoh aturan ....
3. Tujuan dibuat suatu aturan adalah ....
4. Salah satu aturan tertulis di lingkungan adalah ....
5. Yang melanggar peraturan akan mendapatkan ....
6. Setiap warga yang berusia 17 tahun ke atas wajib mempunyai ....
7. Yang dimaksud dengan norma agama adalah ....
8. Gotong royong merupakan ciri khas bangsa ....
9. Aturan diciptakan untuk menjaga ....
10. Menolong orang yang sedang kesusahan termasuk aturan ....

Kunci Jawaban
1. Tidak tertulis
2. Tertulis
3. Agar kehidupan di masyarakat tertib dan teratur
4. Tamu 2 X 24 jam wajib lapor ketua RT
5. Sangsi
6. KTP
7. Norma agama adalah petunjuk hidup yang berdasarkan ajaran suatu agama
8. Indonesia
9. Keamanan dan ketertiban
10. Tidak tertulis

Penilaian Afektif
Model soal : Skala sikap
SOAL
Berlah tanda centang (√) pada kolom sering, kadang-kadang, jarang atau tidak pernah sesuai dengan perbuatanmu sehari-hari !

No Perilaku Sering Kadang-kadang Jarang Tidak
Pernah
1 Datang sekolah tepat waktu
2 Memakai seragam sekolah
3 Membuang sampah di sembarang tempat
4 Mengikuti upacara bendera
5 Merapikan rambut dan kuku
6 Meminta ijin jika akan meniggalkan kelas
7 Menjaga kebersihan kelas
8 Melaksanakan tugas piket
9 Mengikuti pelajaran dengan tenang
10 Buang air kecil di toilet

Kunci Jawaban
No Perilaku Sering Kadang-kadang Jarang Tidak
Pernah
1 Datang sekolah tepat waktu V
2 Memakai seragam sekolah V
3 Membuang sampah di sembarang tempat V
4 Mengikuti upacara bendera V
5 Merapikan rambut dan kuku V
6 Meminta ijin jika akan meniggalkan kelas V
7 Menjaga kebersihan kelas V
8 Melaksanakan tugas piket V
9 Mengikuti pelajaran dengan tenang V
10 Buang air kecil di toilet V

Penilaian Psikomotor
Model soal : Tes unjuk kerja
SOAL
Tuliskan sikap dan perilaku siswa dalam melaksanakan tata tertib di sekolah terkait dengan mematuhi peraturan di sekolah.
Nama
Siswa Datang sekolah tepat waktu Selalu mengikuti upacara Selalu mengerjakan PR Selalu memakai seragam sekolah Menjaga ketertiban sekolah
Ari
Yeni
Leni
Agus
Kiki

Kunci Jawaban
Nama
Siswa Datang sekolah tepat waktu Selalu mengikuti upacara Selalu mengerjakan PR Selalu memakai seragam sekolah Menjaga ketertiban sekolah
Ari V V - V V
Yeni V V V V V
Leni V - V V V
Agus - V V V -
Kiki V V - V V

4. Kelas 4
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota
dan propinsi
Kelas/Semester : IV/I

Penilaian Kognitif
Model soal : Esai
SOAL
1. Siapakan nama Bupati Blora saat ini?
2. Sebutkan 2 saja lembaga teknis daerah provinsi!
3. Jelaskan pemerintah desa menurut PP nomor 72 tahun 2005!
4. Apa yang dimaksud dengan kebijakan publik?
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan dekosentrasi!
Kunci Jawaban
1. Bpk Yudhi Sancoyo
2. Bappeda provinsi, BKD provinsi
3. Pemerintah desa adalah kepala desa dan perangkat desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa.
4. Kebijakan publik adalah kebijakan yang menyangkut kepentingan oarang banyak
5. Dekonsentraliasi adalah pelimpahan wewenag pemerintah dari pemerinyah kepada gubernur sebagai wakil pemerintah.

Penilaian Afektif
Model soal : Skala sikap
SOAL
Berlah tanda centang (√) pada kolom sangat tidak suka, tidak suka, suka, dan suka sekali sesuai dengan pilihanmu!
No Uraian Sangat Tidak Suka Tidak Suka Suka Suka Sekali
1 Bupati dipilih oleh rakyat secara langsung
2 Otonomi daerah dilakukan beradasarkan prinsip demokrasi.
3 Peraturan daerah tidak perlu disetujui oleh DPRD
4 Kita tidak perlu mengikuti pemilihan gubernur
5 Semua WNI boleh menjadi gubernur

Kunci jawaban
No Uraian Sangat Tidak Suka Tidak Suka Suka Suka Sekali
1 Bupati dipilih oleh rakyat secara langsung V
2 Otonomi daerah dilakukan beradasarkan prinsip demokrasi. V
3 Peraturan daerah tidak perlu disetujui oleh DPRD V
4 Kita tidak perlu mengikuti pemilihan gubernur V
5 Semua WNI boleh menjadi gubernur V

Penilaian Psikomotor
Model soal : Esai
SOAL
Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-5 orang. Kemudian kerjakanlah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Gambarlah struktur organisasi di desamu! Kemudian tuliskan tugas dari masing-masing perangkat organisasi tersebut!





Kunci Jawaban











5. Kelas 5
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Memahami kebebasan berorganisasi.
Kelas/Semeste : V/II

Penilaian Kognitif
Model soal : Esai
SOAL
Kerjakanlah soal-soal dibawah ini sesuai dengan jawaban yang tepat !
1. Apa yang dimaksud dengan organisasi?
2. Apa saja yang dipertimbangkan dalam memilih organisasi?
3. Apa manfaat kita masuk dalam organisasi?
4. Sebutkan tiga contoh organisasi yang ada di lingkungan sekolahmu!
5. Sebutkan pasal UUD 1945 yang mengatur kebebasan berorganisasi! Tulislah bunyi pasal tersebut!

Kunci Jawaban
1. Organisasi adalah kesatuan yang terdiri dari bagian-bagian yang menjalankan tujuan tertentu.
2. Kemampuan, minat, kejujuran, tujuan
3. Kita bisa belajar bagaimana menjadi warga negara yang baik dan kita bisa lebih maju dalam bidang tertentu.
4. Koperasi sekolah, Pramuka, UKS
5. Pasal 28 E( ayat 3) berbunyi setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan menyatakan pendapat.

Penilaian Afektif
Model soal : Skala sikap
SOAL
Pilihlah salah satu jawaban yang cocok dengan pilihanmu dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom di bawah ini!

Perilaku Tono sebagai ketua kelas

No Perilaku Sedang Baik Baik Sekali
1 Bersikap adil dalam membagi kegiatan di kelasnya.
2 Menegur siswa yang tidak mau menjalankan piket.
3 Bersikap jujur
4 Ikut kerja bakti membersihkan kelas.
5 Mematuhi tata tertib sekolah

Kunci Jawaban
No Perilaku Sedang Baik Baik Sekali
1 Bersikap adil dalam membagi kegiatan di kelasnya. V
2 Menegur siswa yang tidak mau menjalankan piket. V
3 Bersikap jujur V
4 Ikut kerja bakti membersihkan kelas. V
5 Mematuhi tata tertib sekolah V

Penilaian Psikomotor
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Sikap dan perilaku siswa dalam berdiskusi tentang
kebebasan berorganisasi.
Kelas/Semeste : V/II
Model soal : Tes unjuk kerja
SOAL
Tuliskan sikap dan perilaku siswa dalam melakukan diskusi kelompok tentang memahami kebebasan berorganisasi dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom di bawah ini!
No Contoh Perilaku Selalu Sering Tidak Pernah
1 Menjelaskan konsep kebebasan berorganisasi dengan jelas dan sopan.
2 Menghargai pendapat orang lain tentang makna kebebasan berorganisasi
3 Mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang sopan
4 Tidak memaksakan kehendak dalam diskusi
5 Mematuhi tata tertib dalam diskusi



Kunci Jawaban
No Contoh Perilaku Selalu Sering Tidak Pernah
1 Menjelaskan konsep kebebasan berorganisasi dengan jelas dan sopan. V
2 Menghargai pendapat orang lain tentang makna kebebasan berorganisasi V
3 Mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang sopan V
4 Tidak memaksakan kehendak dalam diskusi V
5 Mematuhi tata tertib dalam diskusi V

6. Kelas 6
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Memahami peran politik luar negeri Indonesia dalam
era globalisasi.
Kelas/Semester : VI/II

Penilaian Kognitif
Model soal : Esai
SOAL
Isilah titik-titik pada soal di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Landasan ideal politik luar negeri Indonesia adalah ....
2. Hubungan luar negeri yang melibatkan dua negara disebut ....
3. Pelaksanaan kebijakan luar negeri Indonesia memiliki prinsip ....
4. Pelaksanaan politik luar negeri Indonesia bebas aktif diwujudkan melalui pengiriman ....
5. anggota ASEAN sat ini ada ........ negara
6. Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non-Blok ke-10 diselenggarakan di ....
7. Konfrensi Asia Afrika di Bandung diselengarakan tahun ....
8. Blok Timur menganut komunisme dalam pengaruh ....
9. Duta besar diangkat oleh ....
10. Perwakilan konsulat memiliki surat pengangkatan yang ditanda tangani oleh ....

Kunci jawaban
1. Pancasila
2. Bilateral
3. Bebas dan aktif
4. Pasukan perdamaian
5. 10
6. Indonesia
7. 1955
8. Uni Sovyet
9. Presiden
10. Menteri Luar Negeri

Penilaian Afektif
Model soal : Skala sikap
SOAL
Baca soal ini dengan teliti, kemudian pilih salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom di bawah ini!

No Uraian Sangat Tidak Suka Tidak Suka Suka Suka Sekali
1 Indonesia tidak perlu menjalin kerja sama dengan negara-negara di dunia.
2 Indonesia perlu ikut mengirimkan pasukan perdamaian dunia.
3 Dalam menyelesaikan konflik Indonesia lebih memilih menggunakan cara diplomasi.
4 Indonesia tidak perlu ikut dalam percaturan internasional.
5 Politik luar negeri Indonesia harus bebas dan aktif

Kunci jawaban
No Uraian Sangat Tidak Suka Tidak Suka Suka Suka Sekali
1 Indonesia tidak perlu menjalin kerja sama dengan negara-negara di dunia. V
2 Indonesia perlu ikut mengirimkan pasukan perdamaian dunia. V
3 Dalam menyelesaikan konflik Indonesia lebih memilih menggunakan cara diplomasi. V
4 Indonesia tidak perlu ikut dalam percaturan internasional. V
5 Politik luar negeri Indonesia harus bebas dan aktif V




Penilaian Psikomotor
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Sikap dan perilaku siswa dalam berdiskusi tentang
peran politik luar negeri Indonesia bebas dan aktif.
Kelas/Semester : VI/II
Model soal : Tes unjuk kerja
SOAL
Tuliskan sikap dan perilaku siswa dalam melakukan diskusi kelompok tentang peran politik luarnegeri bebas dan aktif dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom di bawah ini!

No Contoh Perilaku Selalu Sering Tidak Pernah
1 Menjelaskan konsep politik luar negeri Indonesia bebas dan aktif.
2 Menghargai pendapat orang lain tentang peran politik luar negeri Indonesia.
3 Mematuhi tata tertib dalam diskusi
4 Tidak memaksakan kehendak dalam diskusi
5 Mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang sopan

Kunci Jawaban

No Contoh Perilaku Selalu Sering Tidak Pernah
1 Menjelaskan konsep politik luar negeri Indonesia bebas dan aktif. V
2 Menghargai pendapat orang lain tentang peran politik luar negeri Indonesia. V
3 Mematuhi tata tertib dalam diskusi V
4 Tidak memaksakan kehendak dalam diskusi V
5 Mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang sopan V

Tidak ada komentar: