Sabtu, 17 Mei 2008

ELIZABETH kAMI NIM 282007002 SWA

NAMA : ELISABETH KAMI
NIM : 282007002
KELAS : SWA

PKn TO 3 SEMESTER 2

A. Pembelajaran materi “membiasakan hidup gotong royong kelas II semester 1”
1. Model pembelajaran yang saya pilih adalah pendekatan induktif dan deduktif
2. Metode yang saya gunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan penugasan
3. Langkah-langkah yang saya tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut dengan pendekatan induktif sebagai berikut :
- Guru memilih konsep, prinsip aturan-aturan
- Guru member contoh khusus, prinsip atau aturan yang bersifat umum
- Guru mengajarkan bukti
Dengan pendekatan deduktif sebagai berikut :
- Guru memilih konsep, prinsip, aturan-aturan yang disajikan
- Guru menyajikan aturan, yang bersifat umum lengkap dengan definisi dan contoh-contoh
- Guru menyajikan contoh khusus
4. Media pembelajaran yang saya gunakan sebagai gambar gotong royong
5. Alat penilaian yang saya gunakan :
- Proses, lisan, porto folio
- Hasil : Tertulis, tugas
B. Pemahaman pesan politik luar negeri Indonesia dalam Era Globalisasi kelas VI semester II
1. Model pembelajaran yang saya pilih adalah dengan pendekatan proses
2. Metode yang saya gunakan adalah ceramah atau tanya jawab
3. Langkah yang saya tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut adalah :
- Berorientasi pada kasus yang akan dipecahkan dengan demikian guru
- Siswa diminta untuk berpendapat
- Tahap penentuan ulang yang akan sikap siswa, tetap bertahan dengan pendapatnya.
4. Media yang saya gunakan adalah buku, koran, televisi
5. Alat penilaian yang saya terapkan adalah tanya jawab, tes tertulis, tes lisan kliping






PKn To 4
Efektif – masalah sikap siswa
Kognitif – penilaian tetang kemampuan siswa
Civic Skily – penilaian keterampilan siswa
1. Menganalisis soal
a) Soal – soal kelompok untuk mengukur kemampuan Kognitif
1. Sebutkan dua contoh perbuatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan !
Jawab :
- Gotong royong
- Mau membantu yang terkena musibah
2. Sebutkan lima macam Suku Bugis di Indonesia !
Jawab :
- Suku Jawa, Madura, Tengger, Betawi
3. Apa yang kalian lakukan bila temanmu terkena musibah ?
Jawab : Membantu
4. Apa akibatnya kelas tiga, siswanya tidak bersatu ?
Jawab : Kelas menjadi rebut
5. Sebutkan Tri pusat Pendidikan !
Jawab : Pendidikan Informal, formal dan non formal
b) Soal – soal kelompok untuk mengukur kemampuan afektif
1. Di Sekolah kita diwajibkan berbicara dengan bahasa ?
(Jawa, Madura, Bali, Batak, Minahasa)
2. Untuk apa para pemuda mengadakan Kongres Pemuda pada tahun 1928 ?
(Mempersatukan bangsa Indonesia)
3. Mengapa kita tidak boleh bertengkar ?
(Akan memecahkan persatuan)
4. Apa untungnya bila kita bersatu /
(Menjadi lebih kuat dan bermanfaat)
5. Bersatu kita teguh bercerai …
(Runtuh)
c) Soal – soal kelompok untuk mengukur kemampuan Civic Skilly
1. Apa gunanya siskampling ?
Jawab : Menjaga kaamanan
2. Untuk menjelaskan masalah bersama kita harus ?
Jawab : Musyawarah
3. Tanggal berapa diperingati Hari sumpah Pemuda ?
Jawab : 28 oktober
4. Meskipun berbeda-beda kita tetap …?
Jawab : Satu jua
5. Jika bertemu dengan orang Jawa berkomunikasi dengan orang … ?
Jawab : Jawa
2. Merancang alat penilaian mata pelajaran, PKn SD untuk kelas 1-6 yang berisi tentang penilaian Kognitif, Afektif, dan Civic Skilly.
a. Alat penilaian Kognitif antara lain :
Pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi
b. Alat penilaian Afektif antara lain :
Penerimaan, partisipasi, penilaian dan pemantauan sikap, organisasi, pembentukan pola hidup
c. Alat penilaian Civic Skilly antara lain :
Persepsi, kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan terbiasa, gerakan kompleks, penyesuaian pola gerakan dengan kreatifitas

Tidak ada komentar: