Nama : Danu Kristanto
Kelas : PO7S1B SEM 2
NIM : 282 007 017
No HP : 085 290 347 235
Kabupaten : Blora
Tugas Tutorial On line 3
Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD
A. Pembelajaran PKn Kelas II SD, Semester 1
Materi : Hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong antar sesama
Tema : Peristiwa.
a. Model Pembelajaran : Pembelajaran Tematik.
b. Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi.
c. Langkah-langkah pembelajaran :
a. Kegiatan Awal / Pembuka
Ø Mengajak semua siswa berdoa untuk mengawali pelajaran.
Ø Guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa yang terkait dengan mata pelajaran.
b. Kegiatan Inti Pelajaran
Ø Guru menjelaskan materi proses belajar mengajar dan siswa melaksanakan kegiatan berdasarkan petunjuk yang dijelaskan oleh guru.
Ø Guru melakukan tanya jawab / diskusi tentang betapa pentingnya melakukan hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong antar sesama.
Ø Memberikan evaluasi dengan cara menyuruh siswa untuk bekerja kelompok menyebutkan contoh hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong antar sesama.
c. Kegiatan Penutup
Ø Melakukan pemantapan dan motivasi untuk melakukan dalam kehidupan sehari-hari pada materi yang telah dipelajari.
d. Sumber dan Media pembelajaran
§ Buku Paket.
§ Kurikulum KTSP.
§ Buku Pkn, Asy’ari, Erlangga, Jakarta.
e. Evaluasi / Penilaian
a. Tes Lisan
Keberanian menjawab / menyampaikan pendapat dalam tanya jawab / diskusi kecil.
Ketepatan dan konsentrasi dalam menjawab pertanyaan dari guru.
b. Tes Tertulis
Pilihan Ganda.
Menjodohkan kata.
Isian.
c. Tes Perbuatan
B. Pembelajaran PKn Kelas VI SD semester 2
Materi : Memahami politik luar negeri indonesia dalam era globalisasi.
a. Model Pembelajaran : Pembelajaran Satuan Pelajaran.
b. Metode pembelajaran : Diskusi, Tanya jawab, dan ceramah.
c. Langkah-langkah pembelajaran :
1. Kegiatan Awal.
Ø Membuka pelajaran dengan berdoa bersama & mengabsen siswa.
Ø Mengadakan tanya-jawab tentang materi yang lalu untuk memotivasi.
Ø Memasang alat peraga ( foto / gambar ).
2. Kegiatan Inti.
Ø Siswa menyimak materi yang dibacakan dan dijelaskan guru.
Ø Siswa mendengarkan kaset rekaman Teks Pembukaan UUD 1945.
Ø Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan kaset agar aktif.
Ø Siswa diberi kesempatan untuk bertanya setelah guru menjelaskan.
Ø Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok ( 3 / 4 anak )
Ø Siswa diberi soal untuk diskusi kelompok.
Ø Siswa melaporkan hasil kerja kelompok.
Ø Guru memimpin diskusi kelas.
Ø Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.
3. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dibimbing guru membuat resume.
Ø Siswa mengerjakan soal latihan.
Ø Guru mengoreksi dan menyimpan hasil evaluasi.
Ø Menutup pelajaran dengan berdoa dan memberi pesan-pesan kepada siswa.
d. Media Pembelajaran yang digunakan:
Ø Gambar-gambar.
Ø Foto.
Ø Tape recorder, dan lain sebagainya.
e. Alat Penilaian yang digunakan :
- Bentuk penilaian : Tes
- Tehnik : Tertulis
f. Contoh Evaluasi peserta didik dalam bentuk tes tertulis.
Jawablah dengan tepat pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
1. Apakah politik luar negeri Indonesia ?
2. Apakah tujuan politik luar negeri indonesia ?
3. Apakah yang dimaksud dengan hubungan regional itu ?
4. Apakah yang dimaksud dengan hubungan bilateral itu ?
5. Apakah yang dimaksud dengan hubungan multirateral itu ?
Tugas Tutorial On line 4
Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD
1. Analisis soal Pkn Kelas V
Kelas | Soal | Aspek yang diukur |
v | 1. Apakah yang dimaksud dengan musyawarah mufakat ? | Kognitif |
2. Bagaimana tata cara bertanya yang baik dalam musyawarah ? | Afektif | |
3. Jika muyawarah mufakat tidak tercapai langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya ? | Kognitif | |
4. Bagaimana sikap / cara kita dalam menghargai orang lain dalam bermusyawarah ? | Afektif | |
5. Apa yang kamu lakukan apabila ada salah satu teman dari kamu ada yang tidak disiplin / mematuhi perundang-undangan ? | Ketrampilan |
2. Alat penilaian
Kelas | Soal | Aspek yang diukur |
I | 1. Apa yang dimaksud kewajiban ? | Kognitif |
2. Apakah kewajiban kita sebagai siswa dilingkungan sekolah? | Afektif | |
3. Berikan satu contoh hak yang mesti kamu dapatkan di sekolah ? | Ketrampilan | |
II | 1. Apa saja bentuk gotong royong dalam lingkungan rumah,sekolah dan masyarakat ? | Kognitif |
2. Mengapa kita harus menerapkan hidup gotong royong ? | Afektif | |
3. Apa tindakan kamu jika dilingkungan rumah kalian ada kegiatan kerja bhakti ? | Ketrampilan | |
III | 1. Apa makna sumpah pemuda bagi bangsa | Kognitif |
2. Mengapa kita harus menghargai jasa pahlawan sumpah pemuda ? | Afektif | |
3. Bagaimana sikap yang perlu kalian tanamkan pada peringatan hari sumpah pemuda ? | Ketrampilan | |
IV | 1. Apakah pengertian dari era globalisasi ? | Kognitif |
2. Bagaimana sikap kalian dalam menghadapi era globalisasi ? | Afektif | |
3. Apa yang harus kamu lakukan dalam mengahadapi era globalisasi | Ketrampilan | |
V | 1. Apakah semboyan bangsa | Kognitif |
2. Nilai / sikap apa yang dapat kita ambil dari semboyan bangsa | Afektif | |
3. Bagaimana sikap kita dalam menyikapi perbedaan-perbedaan pada setiap suku di | Ketrampilan | |
VI | 1. Apa politik luar negeri | Kognitif |
2. Sikap / nilai apa yang paling mendasari dalam membina kerukunan dalam hidup bermasyarakat ? | Afektif | |
3. jelaskan sikap yang perlu kita bina dalam menyikapi semakin lunturnya nilai moral / kesopanan anak di jaman sekarang ? | Ketrampilan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar