Senin, 12 Mei 2008

TO 3 & 4 Pkn Danu Kristanto-PO7SIB-282007017-BLA

Nama : Danu Kristanto

Kelas : PO7S1B SEM 2

NIM : 282 007 017

No HP : 085 290 347 235

Kabupaten : Blora


Tugas Tutorial On line 3

Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD

A. Pembelajaran PKn Kelas II SD, Semester 1

Materi : Hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong antar sesama

Tema : Peristiwa.

a. Model Pembelajaran : Pembelajaran Tematik.

b. Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi.

c. Langkah-langkah pembelajaran :

a. Kegiatan Awal / Pembuka

Ø Mengajak semua siswa berdoa untuk mengawali pelajaran.

Ø Guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan siswa yang terkait dengan mata pelajaran.

b. Kegiatan Inti Pelajaran

Ø Guru menjelaskan materi proses belajar mengajar dan siswa melaksanakan kegiatan berdasarkan petunjuk yang dijelaskan oleh guru.

Ø Guru melakukan tanya jawab / diskusi tentang betapa pentingnya melakukan hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong antar sesama.

Ø Memberikan evaluasi dengan cara menyuruh siswa untuk bekerja kelompok menyebutkan contoh hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong antar sesama.

c. Kegiatan Penutup

Ø Melakukan pemantapan dan motivasi untuk melakukan dalam kehidupan sehari-hari pada materi yang telah dipelajari.

d. Sumber dan Media pembelajaran

§ Buku Paket.

§ Kurikulum KTSP.

§ Buku Pkn, Asy’ari, Erlangga, Jakarta.

e. Evaluasi / Penilaian

a. Tes Lisan

Keberanian menjawab / menyampaikan pendapat dalam tanya jawab / diskusi kecil.

Ketepatan dan konsentrasi dalam menjawab pertanyaan dari guru.

b. Tes Tertulis

Pilihan Ganda.

Menjodohkan kata.

Isian.

c. Tes Perbuatan

B. Pembelajaran PKn Kelas VI SD semester 2

Materi : Memahami politik luar negeri indonesia dalam era globalisasi.

a. Model Pembelajaran : Pembelajaran Satuan Pelajaran.

b. Metode pembelajaran : Diskusi, Tanya jawab, dan ceramah.

c. Langkah-langkah pembelajaran :

1. Kegiatan Awal.

Ø Membuka pelajaran dengan berdoa bersama & mengabsen siswa.

Ø Mengadakan tanya-jawab tentang materi yang lalu untuk memotivasi.

Ø Memasang alat peraga ( foto / gambar ).

2. Kegiatan Inti.

Ø Siswa menyimak materi yang dibacakan dan dijelaskan guru.

Ø Siswa mendengarkan kaset rekaman Teks Pembukaan UUD 1945.

Ø Siswa diberi pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan kaset agar aktif.

Ø Siswa diberi kesempatan untuk bertanya setelah guru menjelaskan.

Ø Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok ( 3 / 4 anak )

Ø Siswa diberi soal untuk diskusi kelompok.

Ø Siswa melaporkan hasil kerja kelompok.

Ø Guru memimpin diskusi kelas.

Ø Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.

3. Kegiatan Akhir

Ø Siswa dibimbing guru membuat resume.

Ø Siswa mengerjakan soal latihan.

Ø Guru mengoreksi dan menyimpan hasil evaluasi.

Ø Menutup pelajaran dengan berdoa dan memberi pesan-pesan kepada siswa.

d. Media Pembelajaran yang digunakan:

Ø Gambar-gambar.

Ø Foto.

Ø Tape recorder, dan lain sebagainya.

e. Alat Penilaian yang digunakan :

- Bentuk penilaian : Tes

- Tehnik : Tertulis

f. Contoh Evaluasi peserta didik dalam bentuk tes tertulis.

Jawablah dengan tepat pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !

1. Apakah politik luar negeri Indonesia ?

2. Apakah tujuan politik luar negeri indonesia ?

3. Apakah yang dimaksud dengan hubungan regional itu ?

4. Apakah yang dimaksud dengan hubungan bilateral itu ?

5. Apakah yang dimaksud dengan hubungan multirateral itu ?

Tugas Tutorial On line 4

Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD

1. Analisis soal Pkn Kelas V

Kelas

Soal

Aspek yang diukur

v

1. Apakah yang dimaksud dengan musyawarah mufakat ?

Kognitif

2. Bagaimana tata cara bertanya yang baik dalam musyawarah ?

Afektif

3. Jika muyawarah mufakat tidak tercapai langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya ?

Kognitif

4. Bagaimana sikap / cara kita dalam menghargai orang lain dalam bermusyawarah ?

Afektif

5. Apa yang kamu lakukan apabila ada salah satu teman dari kamu ada yang tidak disiplin / mematuhi perundang-undangan ?

Ketrampilan

2. Alat penilaian Pkn SD Kelas 1 – 6

Kelas

Soal

Aspek yang diukur

I

1. Apa yang dimaksud kewajiban ?

Kognitif

2. Apakah kewajiban kita sebagai siswa dilingkungan sekolah?

Afektif

3. Berikan satu contoh hak yang mesti kamu dapatkan di sekolah ?

Ketrampilan

II

1. Apa saja bentuk gotong royong dalam lingkungan rumah,sekolah dan masyarakat ?

Kognitif

2. Mengapa kita harus menerapkan hidup gotong royong ?

Afektif

3. Apa tindakan kamu jika dilingkungan rumah kalian ada kegiatan kerja bhakti ?

Ketrampilan

III

1. Apa makna sumpah pemuda bagi bangsa indonesia ?

Kognitif

2. Mengapa kita harus menghargai jasa pahlawan sumpah pemuda ?

Afektif

3. Bagaimana sikap yang perlu kalian tanamkan pada peringatan hari sumpah pemuda ?

Ketrampilan

IV

1. Apakah pengertian dari era globalisasi ?

Kognitif

2. Bagaimana sikap kalian dalam menghadapi era globalisasi ?

Afektif

3. Apa yang harus kamu lakukan dalam mengahadapi era globalisasi

Ketrampilan

V

1. Apakah semboyan bangsa Indonesia ?

Kognitif

2. Nilai / sikap apa yang dapat kita ambil dari semboyan bangsa Indonesia itu sendiri ?

Afektif

3. Bagaimana sikap kita dalam menyikapi perbedaan-perbedaan pada setiap suku di Indonesia ?

Ketrampilan

VI

1. Apa politik luar negeri Indonesia ?

Kognitif

2. Sikap / nilai apa yang paling mendasari dalam membina kerukunan dalam hidup bermasyarakat ?

Afektif

3. jelaskan sikap yang perlu kita bina dalam menyikapi semakin lunturnya nilai moral / kesopanan anak di jaman sekarang ?

Ketrampilan

Tidak ada komentar: