Rabu, 28 Mei 2008

heni susiana 282007157 to 3, 4 pkn

kepada
yth bp mawardi
di salatiga

pertama - tama saya minta maaf atas keterlambatan saya dalam mengirimkan tugas dari bapak, dikarenakan saya baru sembuh dari sakit. saya mohon atas kebijaksanaan dari bapak. atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

282007157 HENI SUSIANA TO 3 PKN

NAMA : HENI SUSIANA
NIM : 282007157
KELAS : SWA / PO7SIA
NO HP : 081326691963

JAWABAN:
1. Materi pembelajaran : membiasakan hidup gotong royong
Model pembelajara : induktif
2. metode pembelajaran: simulasi, Tanya jawab, ceramah.
3. langkah – langkah pembelajaran :
Ø guru bercerita tentang kebiasaan hidup gotong royong di dalam masyarakat, sekolah dan keluarga.
Ø Guru memberikan contoh gambar tentang hidup gotong royong dirumah, sekolah dan keluarga.
Ø Guru menjelaskan adanya manfaat dari hidup bergotong royong.
Ø Guru meminta siswa untuk memberikan contoh adanya sikap gotong royong yang diketahuinya.
Ø Guru bersama siswa menyimpulkan manfaat dan contoh gotong royong.
Ø Guru menegaskan pentingnya hidup gotong royong.

4. media pembelajaran yang digunakan : gambar / foto tentang gotong royong.
5. alat penilaian yang diterapkan: proses : tes lisan / Tanya jawab, portofolio
hasil : tes tertulis, penugasan.
6. materi pelajaran : peran politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi
model : deduktif

7. metode : pemberian tugas, diskusi, Tanya jawab.
8. langkah – langkah pembelajaran :
Ø guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
Ø guru memberi tugas siswa untuk memecahkan masalah secara kelompok. Masalah yang diberikan :
- apakah kalian setuju pada politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif? Jelaskan!
- Mengapa Indonesia ikut mengirimkan pasukan garuda ke luar negeri? Apakah kalian sutuju?jelaskan!
- Seandainya kalian menjadi pemimpin Negara dan diminta untuk memilih antara blok barat dan blok timur, blok mana yang akan kalian pilih? Jelaskan alasannya!
Ø Setelah selesai berdiskusi, tiap siswa diminta untuk mempresentasikan hasilnya.
Ø Setelah selesai, pembelajaran ditutup dengan menyimpulkan pelajaran secara bersama – sama.


9. media pembelajaran yang digunakan : gambar peran serta Indonesia terhadap luar negeri.
10. alat penilaian yang diterapkan : keaktifan dalam diskusi, ketrampilan berbicara dalam presentasi hasil diskusi, hasil kesimpulan diskusi.


282007157 HENI SUSIANA TO 4 PKN
NAMA : HENI SUSIANA
NIM : 282007157
KELAS : SWA/ PO7SIA
NO HP : 081326691963

JAWABAN :
1. Soal tes PKN kelas 1V
SK : mengenal system pemerintahan tingkat pusat
A. Kelak setelah dewasa nanti pasti kalian akan menjadi seorang pemimpin. Untuk menghadapi itu semua, sudahkah kalian melakukan kegiatan – kegiatan berikut ini?
Isilah table dibawah ini dengan memberikan tanda (V) pada kolom yang tersedia!

No Jenis kegiatan Sudah Kadang - kadang Belum
1
2
3
4
5 Rajin beribadah kepada Tuhan YME
Mau memaafkan kesalahan orang lain
Jujur
Menghargai pendapat orang lain
Tidak mengambil hak orang lain

B. Seperti anggota DPR, kamu juga dapat mengusulkansebuah peraturan. Buatlah sebuah peraturan untuk kelasmu. Setiap kelompok memberikan satu usulan.
Bacakanlah peraturan tersebut ke depan kelasmu. Kemudian lakukanlah pemungutan suara untuk setiap usulan.
Jumlah yang setuju : ………………….
Jumlah yang tidak setuju : …………………. +

Jumlah murid sekelas : ……………………
Jika lebih banyak siswa yang setuju, jalankanlah peraturan tersebut didalam kelas.
C. 1. jelaskan apa yang dimaksud hak interpelasi!
2. apa tugas dari mahkamah konstitusi?
3. tuliskan 2 tugas MPR!
Untuk soal A merupakan penilaian psikomotorik.
Untuk soal B merupakan penilaian afektif
Untuk soal C merupakan penilaian kognitif.

2.rancangan alat penilaian mata pelajaran pkn kelas 1 – 6 :
SK : Membiasakan tertib disekolah dan dirumah
KOGNITIF : 1. anak yang selalu mengerjakan PR dari guru merupakan contoh dari sikap…….
2. Ani anak yang tertib, setelah bangun tidur selalu……
AFEKTIF :

perilaku ya tidak
1. anak yang disiplin perlu dicontoh
2. anak yang mencontek perlu dicontoh
PSIKO ;

perilaku Belum pernah pernah sering
1. terlambat sekolah
2. membolos
3. tidak mengerjakan PR

KELAS 2
SK : Membiasakan hidup gotong royong
KOGNITIF : 1. tadi ibu menjelaskan tentang hidup gotong royong, coba apa yang dimaksud dengan gotong royong?
2. pembangunan taman didepan sekolah dilakukan secara individu atau gotong royong? Mengapa?
3. apakah kalian terpaksa dalam melakukannya?
4. jika suatu pekerjaan dilakukan secara bersama maka pekerjaan akan menjadi lebih….

AFEKTIF :

perilaku setuju Tidak setuju
1. gotong royong dihilangkan
2. setiap pekerjaan selalu dinilai dengan uang
3. pembangunan jembatan desa dilakukan secara gotong royong
PSIKO :

perilaku sering selalu Tidak pernah
1. menolong teman yang kesusahan
2. membantu teman dalam ulangan
3. membantu orang tua

KELAS 3
SK : Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat
KOGNITIF : 1. apa yang dimaksud dengan norma?
2. jelaskan ciri – cirri orang yang melaksanakan norma!
3. bagaimana aturan dari norma?
AFEKTIF :

perilaku S TS KS
1. norma masyarakat tidak berlaku
2. setiap orang bisa berbuat sesuka hati
3. setiap pelanggaran ada sanksinya

PSIKO :

perilaku pernah t. pernah sering selalu
1. bersikap santun pada orang tua
2. meludah disembarang tempat
3. melanggar aturan yang ada

KELAS IV
SK : Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi
KOGNITIF :
1. apa yang dimaksud dengan globalisasi?
2. apa saja pengaruh globalisasi yang ada dilingkungan kalian?
3. bagaimana sikap kamu terhadap globalisasi?
AFEKTIF :

perilaku setuju Tdk setuju Kurang setuju
1. selalu meniru globalisasi
2. globalisasi sesuai dengan orang Indonesia
3. globalisasi memudahkan aktivitas
PSIKO ;

perilaku selalu sering Tdk pernah
1. meniru globalisasi
2. menyaring globalisasi
3. konsumerisme


KELAS V
SK : Memahami kebebasan berorganisasi.
KOGNITIF :
1. apa yang dimaksud dengan organisasi?
2. sebutkan contoh organisasi yang ada disekolah!
AFEKTIF :

perilaku suka Tidak suka Kurang suka
1. mengikuti kegiatan organisasi
2. berteman dengan orang lain
3. menjadi anggota osis

PSIKO :

perilaku pernah Tidak pernah selalu
1. menjadi anggota suatu organisasi
2. mengikuti kegiatan dalam organisasi

KELAS VI
SK : Memahami peran Indonesia dalam lingkungan Negara asia tenggara.
KOGNITIF :
1. mengapa Negara di kawasan Asia Tenggara membentuk Asean?
2. jelaskan 3 bidang kerja sama di kawasan Asia Tenggara!
3. sebutkan 3 negara yang tidak menjadi anggota Asean di Asia Tenggara!


AFEKTIF :

perilaku suka Tidak suka Kurang suka
1. menjadi anggota Asean
2. campur tangan urusan Negara lain
3. ikut membantu menyelesaikan masalah Negara lain
PSIKO :

perilaku pernah Tidak pernah selalu
1. Indonesia membantu Negara lain yang membutuhkan
2. Indonesia ikut campur urusan dalan negeri Negara lain.

Tidak ada komentar: