Kamis, 15 Mei 2008

DWI RAHAYU.S 282007148 TO 3 PKN

TO 3 PKN
Nama : Dwi Rahayu Setiyanti
Kelas : P07SIA
Nim : 282007148
1.Materi : membiasakan hidup gotong royong
Kelas : II (Dua)
Smtr : Ganjil
Tema : Gotong Royong
1) Standar Kompetensi: Membiasakan hidup gotong royong.
2) Kompetensi Dasar
Mengenal pentingnya hidp rukun,saling berbagi dan tololg menolong.
3) Model Pembelajaran : Model Induktif.
4) Metode : Ceramah , Tanya Jawab,Dan Penugasan.
5) Media : Gambar kegiatan gotong royong.
6) Langkah – langkah pembelajaran
o Kegiatan Awal:
o Berdoa
o Apersepsi
o Kegiatan Inti :
o Guru menceritakan tentang kisah hidup rukun,saling berbagi dan tlong menolong.
o Guru meminta siswa menyebutkan contoh hidup rukun ,saling berbagi dan tolong menolong.
o Guru bertanya jawab kepada siswa tentang akibat jika tidak hidup rukun,tidak saling berbagi dan tolong menolong.
o Setelah siswa memahami tentang materi yang dipelajari,siswa mengerjakan tugas.
o Kegiatan Akhir:
o Pembahasan hasil kerja siswa.
o Penetapan materi.
7) Penilaian :
o Proses : tes lisan (Tanya jawab)
o Hasil : tes tertulis dan portofolio

2. Peran Politik Luar Negeri Indonesia dalam Era Globalisasi
Kelas : 6
Smtr : Genap
Tema : Peran politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi
1. Standar Kompetensi : Memahami peran politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.
2. Kompetensi Dasar : Menjelaskan pentingnya politik luar negeri Indonesia yang beas dan aktif.
3. Model : Ekspositori
4. Metode : Ceramah ,Tanya jawab dan diskusi.
5. Media : Buku Pkn yang relevan,Koran.
6. Langkah – langkah pembelajaran :
o Kegiatanawal:
ü Informasi tentang tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
ü Tanya jawab tentang politik luar negeri yang dianut di Indonesia.
o Kegiatan inti:
ü Siswa diajak untuk Tanya jawab tentang macam – macam pengertian politik dan tujuan berpolitik.
ü Diskusi kelompok tentang pengertian politik luar negeri yang bebas dan aktif.
ü Pembahasan hasil diskusi kelompok.
o Kegiatan akhir :
ü Penetapan isi materi dan pemberian PR.
ü Memotivasi siswa agar giat belajar.
7. Penilaian :
Ø Proses : tes lisan (Tanya jawab)
Ø Hasil : tes tertulis.

Tidak ada komentar: