Sabtu, 31 Mei 2008

PARWATI 282007015 TO 4 PKN

NAMA : PARWATI
NIM : 282007015
KELAS : PO7S1 A
TUGAS : PKn TO 4

A.Tes buatan guru PKn kelas V Semester 2 ( kognitif )
1.Kedatangan Belanda di Banten pada tahun 1596 dipimpin oleh :
2.Sistem tanam paksa dimasa penjajahan Belanda ditemukan oleh ....
3.Hiroshima dijatuhi bom atom pada ....
4.Alam tumbuh-tumbuhan yang berada diwilayah Indonesia bagian barat sepertinya Jawa dan Sumatera bercorak ....
5.Ikan disungai banyak yang mati karena terjadi ....
6.Sebutkan tiga manfaat danau !
7.Tulislah kegunaan dan kerugian dibangunnya waduk ....
8.Apakah yang dimaksud dengan gempa bumi ? Sebutkan dua jenis gempa bumi !
9.Mengapa para tokoh pemuda membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok setiba mereka di tanah air dari Vietnam ?
10.Tulislah dan jelaskan cara-cara untuk mencegah banjir !






















B.1. Alat Penilaian Mata Pelajaran PKn SD Kelas 1
a.Penilaian Kognitif
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Memahami pentingnya tata tertib
Kelas / Semester : I / II
Nilai Soal : Pilihan Ganda / Obyektif Tes
SOAL :
Pilihlah salah satu jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b atau c !
1.Saat dirumah kita perlu taat kepada ....
a. Orang lain b. Orang tua c. Orang tak dikenal
2.Peraturan / tata tertib dirumah harus ditaati oleh ....
a. Orang tua b. Anak-anak c. Semua anggota keluarga
3.Tertib dalam belajar dikelas antara lain memperhatikan ....
a. Teman bermain b. Teman bercanda c. Penjelasan guru
4.Sebelum dan sesudah tidur sebaiknya ....
a. Berdoa b. Berolahraga c. Bermain
5.Tata tertib sekolah harus ditaati oleh ....
a. Semua guru b. Semua murid c. Seluruh warga sekolah
Kunci Jawaban :
1.B 3. C 5. C
2.C 4. A
b.Penilaian Afektif
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Menerapkan tata tertib di lingkungan
Kelas / Semester : I / II
Model Soal : Skala sikap / bertingkat

SOAL :
Pilihlah salah satu jawaban yang cocok dengan pilihanmu dan beri tanda cek ( V )
Perilaku Anton dalam mematuhi tata tertib di sekolah

No


Perilaku

Setuju

Tidak Setuju

Sangat Setuju

1.

2.

3.

4.

5.

Menghargai teman walau berbeda

Tidak mengulangi perbuatan salah

Melanggar tata tertib

Belajar itu tidak pulang

Lupa mengerjakan pekerjaan rumah





No


Perilaku

Setuju

Tidak Setuju

Sangat Setuju

1.

2.

3.

4.

5.

Menghargai teman walau berbeda

Tidak mengulangi perbuatan salah

Melanggar tata tertib

Belajar itu tidak pulang

Lupa mengerjakan pekerjaan rumah


V





V

V

V



V

c.Penilaian Psikomotor
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Sikap dan Perilaku siswa dalam berdiskusi tentang tata tertib
Di sekolah
Kelas / Semester : I / II
Model Soal : Tes Unjuk Kerja

SOAL
Tulislah sikap dan perilaku siswa ketika berdiskusi tentang tata tertib di sekolah dengan memberikan tanda cek ( V ) pada tabel yang tersedia.

No


Perilaku

Selalu
Kadang-kadang

Tidak
Pernah


1.


2.


3.


4.

5.

Menjelaskan apa tata tertib disekolah dengan jelas dan sopan.

Mematuhi aturan dengan disiplin selama diskusi berlangsung.

Menghormati pendapat orang lain tentang tata tertib yang harus dipatuhi.

Tidak membuat keributan dalam diskusi.

Mengajukan pendapat yang tajam tetapi sopan dan terkesan patuh.












KUNCI JAWABAN :

No


Perilaku

Selalu
Kadang-kadang

Tidak
Pernah


1.


2.


3.


4.

5.

Menjelaskan apa tata tertib disekolah dengan jelas dan sopan.

Mematuhi aturan dengan disiplin selama diskusi berlangsung.

Menghormati pendapat orang lain tentang tata tertib yang harus dipatuhi.

Tidak membuat keributan dalam diskusi.

Mengajukan pendapat yang tajam tetapi sopan dan terkesan patuh.





V


V


V

V










V


2. Alat Penilaian Mata Pelajaran PKn SD Kelas II
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Memahami Sikap Cinta Lingkungan
Kelas / Semester : II / I
Model Soal : Pilihan Ganda / Obyektif tes

a.Penilaian Kognitif
Pilihlah salah satu jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang ( X ) pada a, b, atau c pada lembar jawaban dibawah ini !
1.Alam semesta ini diciptakan Tuhan agar diolah dengan baik oleh ....
a. Manusia b. Hewan c. Tumbuhan
2.Di lingkungan yang banyak pepohonan akan terasa ....
a. Sejuk b. Panas c. dingin
3.Menebang pohon sembarangan merupakan perbuatan ....
a. Tercela b. Terpuji c. Terhormat
4.Bila tanaman layu, maka saya harus segera ....
a. Mencabutnya b. Membuatnya c. Menyiramnya
5.Supaya lingkungan selalu bersih, aku harus membuang sampah ....
a. Sembarangan b. Ke tempat sampah c. Ke belakang sekolah
KUNCI JAWABAN :
1.a 3. a 5. b
2.a 4. c



b.Penilaian Afektif
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Menampilkan sikap cinta lingkungan
Kelas / Semester : II / I
Model Soal : Esai

SOAL :
Jawablah pertanyaan dibawah ini !
1. Kamu melihat ada anak yang menyiksa binatang. Apa yang akan kamu lakukan ?
2. Tanamanmu dirumah layu karena kekeringan. Bagaimana sikapmu ?
3. Di sekolah temanmu membuang sampah secara sembarangan sehingga sekolah menjadi banjir. Apa yang akan kamu lakukan ?
Kunci Jawaban :
1.Menasehati
2.Menyiramnya
3.Menasehati

c.Penilaian Psikomotor
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Menampilkan sikap cinta lingkungan
Kelas / Semester : II / I
Model Soal : Unjuk Kerja

SOAL :
Tulislah kepandaian hewan-hewan ini ! kemudian peragakan perilaku dan bunyinya / suaranya 1
1.bebek
2.kucing
3.ayam
4.anjing
5.kambing
Lembar pengamatannya :
No
Nama Siswa
Keseriusan dalam memperagakan
Ketepatan dalam menirukan bunyi
Ketepatan dalam menirukan gerakannya.

1.
2.
3.
4.
5.

DILA
SUKO
AMINAH
CENDRAWASIH
JANARKO


V
-
V
-
-


-
V
V
V
V

V
V
V
-
V



3.Penilaian PKn Kelas III
a.Penilaian Kognitif
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Mengamalkan Makna Sumpah Pemuda
Kelas / Semester1 : III / I
Model Soal : Esai
SOAL :
1.Kapan Sumpah Pemuda diucapkan ?
2.Siapa Ketua dari Tri Koro Darmo ?
3.Berasal dari manakah Jong Celebes itu ?
4.Apa tujuan dari Konggres Pemuda I ?
5.Siapa yang menciptakan lagu Indonesia Raya ?
KUNCI JAWABAN :
1.28 – 10 – 1928
2.Satiman Wiryo Sanjoyo
3.Sulawesi
4.Membentuk Satu Perkumpulan Pemuda
5.WR. Supratman

b.Penilaian Afektif
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Mengamalkan Makna Sumpah Pemuda
Kelas / Semester : III / I
Model Soal : Esai
SOAL :
Jawablah pertanyaan dibawah ini !
1.Ketika memperingati Hari Kartini, teman-teman sekolahmu mengenakan pakaian daerah asal masing-masing. Kamu juga demikian. Bagaimana perasaanmu ?
2.Dilingkungan tempat tinggalmu ada keluarga pendatang yang menempati rumah kosong disebelah rumahmu. Bagaimana sikapmu terhadap keluarga tersebut ?
3.Aminah sering memaksakan kehendaknya kepada teman-teman dikelasnya. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Aminah tersebut ?
4.Ucok ketua kelas di kelas III. Ia hanya memerintah teman-temannya untuk membersihkan kelas. Ia sendiri tidak pernah membersihkan kelas. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Ucok tersebut ?
Kunci Jawaban :
1.Senang dan bangga
2.Menghormati dan menyapanya
3.Tidak setuju , karena sikap Aminah bertentangan dengan sila ke 4
4.tidak setuju, seharusnya Ucok juga ikut membersihkan kelas.

c.Penilaian Psikomotor
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
Kelas / Semester : III / I
Model Soal : Unjuk Kerja
SOAL
Tuliskan sikap dan perilaku siswa saat berdiskusi tentang materi “ Makna Sumpah Pemuda “ dengan memberi tanda cek (V) pada tabel yang tersedia !
No
Contoh Perilaku
Selalu
Sering
Tidak Pernah

1.


2.

3.

4.

5.

Menjelaskan apa arti Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia dengan jelas dan sopan.

Menghargai pendapat teman saat berdiskusi.

Tidak memaksakan kehendak dalam diskusi.

Disiplin saat berdiskusi.

Mengajukan pendapat dengan bahasa yang sopan.





KUNCI JAWABAN :
Contoh :
Nama Siswa : Udin
No
Contoh Perilaku
Selalu
Sering
Tidak Pernah

1.


2.

3.

4.

5.

Menjelaskan apa arti Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia dengan jelas dan sopan.

Menghargai pendapat teman saat berdiskusi.

Tidak memaksakan kehendak dalam diskusi.

Disiplin saat berdiskusi.

Mengajukan pendapat dengan bahasa yang sopan.









V

V




V

V

V

4.Penilaian Kelas IV
a.Penilaian Kognitif :
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Menentukan sikap terhadap globalisasi dilingkungannya
Kelas / Semester : IV / II
Model Soal : Isian
SOAL :
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.Globalisasi artinya ....
2.Manfaat alat angkutan adalah ....
3.Media yang paling cepat dalam memberikan informasi adalah ....
4.Isilah globalisasi muncul akibat majunya ....
5.Indonesia sudah memiliki satelit sejak tahun ....
KUNCI JAWABAN :
1.Mendunia
2.Memperpendek jarak perhubungan
3.Internet
4.Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
5.1976

b.Penilaian Afektif
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Menentukan sikap terhadap globalisasi dilingkungan
Kelas / Semester : IV / II
Model Soal : Skala Sikap
SOAL :
Bacalah soal dibawah ini dengan teliti, kemudian pilih jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda cek (V) pada kolom yang tersedia !
No
Pernyataan
Setuju
Tidak Setuju

1.

2.

3.

4.

5.

6.

dst

Menonton TV hingga larut malam.

Menggunakan internet untuk mengerjakan tugas sekolah.

Makan setiap hari di Mc Donalds

Mengajari orang asing cara menari tradisional Indonesia

Berkenalan dengan anak negara lain melalui email.

Hanya membeli sepatu buatan luar negeri.




KUNCI JAWABAN :
No
Pernyataan
Setuju
Tidak Setuju

1.

2.

3.

4.

5.

6.

dst

Menonton TV hingga larut malam.

Menggunakan internet untuk mengerjakan tugas sekolah.

Makan setiap hari di Mc Donalds

Mengajari orang asing cara menari tradisional Indonesia

Berkenalan dengan anak negara lain melalui email.

Hanya membeli sepatu buatan luar negeri.




V



V

V

V



V





V

c.Penilaian Psikomotor
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Menentukan sikap terhadap globalisasi dilingungannya
Kelas / Semester : IV / II
Model Soal : Unjuk Kerja

SOAL :
Tuliskan sikap dan perilaku siswa ketika berdiskusi tentang globalisasi dilingungannya dengan memberi tanda cek (V) pada tabel dibawah ini !
No
Perilaku yang diamati
Selalu
Sering
Tidak pernah

1.


2.

3.


4.

5.

Menjelaskan konsep globalisasi dan budaya dengan jelas dan sopan.

Mengajukan pendapat dengan sopan.

Tidak memaksakan kehendak selama kegiatan berdiskusi berlangsung.

Menghormati dan menghargai pendapat teman.

Disiplin dalam berdiskusi.





Kunci jawaban :
No
Perilaku yang diamati
Selalu
Sering
Tidak pernah

1.


2.

3.


4.

5.

Menjelaskan konsep globalisasi dan budaya dengan jelas dan sopan.

Mengajukan pendapat dengan sopan.

Tidak memaksakan kehendak selama kegiatan berdiskusi berlangsung.

Menghormati dan menghargai pendapat teman.

Disiplin dalam berdiskusi.


V









V




V




V






v










Alat penilaian mata pelajaran PKn kelas 5

5.Penilaian Kognitif
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetnsi : Memahami pentingnya keutuhan NKRI
Kelas / Semester : V / I
Model Soal : Plihan Ganda / Obyektif Tes

SOAL :
Pilihlah satu jawaban yang tepat, dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d pada lembar jawaban yang tersedia !

1.Syair terakhir dari lagu “ Dari Sabang Sampai Merauke “ ialah ....
a.Itulah Indonesia
b.Indonesia Tanah Airku
c.Tanah Airku Indonesia
d.Menjunjung Tanah Airku
2.Sejak proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia telah bertekad untuk hidup dalam bingkai ....
a.Negara Republik Indonesia Serikat
b.NKRI
c.Negara Kesatuan Indonesia
d.Negara Indonesia Bersatu
3.Pada awal kemerdekaan, wilayah NKRI meliputi ... propinsi.
a.8
b.9
c.10
d.11
4.Dari waktu ke waktu, wilayah NKRI mengalami perubahan baik jumlah propinsi maupun luas wilayahnya. Hal ini sesuai dengan ....
a.Keinginan Presiden
b.Tuntutan Kebutuhan
c.Keinginan anggota DPR
d.Keinginan negara lain
5.NKRI bukanlah negara yang berdiri dengan sendirinya, tetapi melalui ....
a.Perjuangan para pahlawan semata
b.Pemberian pemerintah Jepang
c.Hasil perjuangan sekelompok orang saja
d.Pengorbanan jiwa, raga, dan harta rakyat.


Kunci jawaban :
1.c
2.b
3.a
4.b
5.d

b.Penilaian Afektif
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Memahami pentingnya keutuhan NKRI
Kelas / Semester : V / I
Model Soal : Skala Sikap / bertingkat ( rating scale )
SOAL :
Bacalah soal dibawah ini dengan teliti, kemudian beri tanda cek (V) pada kolom skala sikap.
No
Pernyataan
Skala sikap

1.


2.

3.

4.

5.

NKRI cocok untuk negara kepuluan seperti Indonesia, maka perlu dipertahankan.

NKRI, tidak perlu karena bertentangan dengan OTODA.

NKRI tidak perlu karena tidak mendidik bangsa tidak mandiri.

NKRI perlu karena sesuai dengan sila ketiga dari Pancasila.

NKRI perlu, bangsa Indonesia kritis jatidiri.

STS
TS
B
S
SS

Keterangan :
STS : Sangat Tidak Suka
TS : Tidak Suka
B : Biasa
S : Suka
SS : Sangat Suka
Kunci Jawaban :
1.S
2.STS
3.TS
4.B
5.SS




c.Penilaian Psikomotor
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Menghargai keputusan bersama
Kelas/Semester : V/II
Model Soal : Tes Unjuk Kerja ( Performance )

SOAL :
Tuliskan sikap dan perilaku siswa saat berdiskusi dalam materi “ Menghargai Keputusan Bersama “ dengan memberi tanda cek (V) pada tabel yang tersedia !
Aktivitas siswa saat berdiskusi yang diamati !
1.Memaksakan kehendak saat bermusyawarah.
2.Mengajukan usul dengan bahasa yang jelas dan sopan.
3.Menghargai pendapat peserta musyawarah.
4.Tidak memotong pembicaraan peserta musyawarah.
5.Melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
No
Nama Siswa
Aktivitas Siswa
Ket.
1
2
3
4
5

1.

2.

3.

4.

Pardi

Pardan

Siskawati

Zubaidah








Kunci jawaban :
No
Nama Siswa
Aktivitas Siswa
Ket.
1
2
3
4
5

1.

2.

3.

4.

Pardi

Pardan

Siskawati

Zubaidah


-

V

V

-

V

-

V

V


V

V

-

V

V

V

V

-

V

-

V

V


6.Alat Penilaian mata pelajaran PKn kelas VI
a.Penilaian Kognitif
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Memahami nilai juang dalam proses perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara
Kelas / Semester : VI / I
Model Soal : Esai
SOAL
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.Rumusan dasar negara yang otentik terdapat pada ....
2.UUD 1945 disahkan pada tanggal ....
3.Ketua PPKI adalah ....
4.Panitia Sembilan bertugas untuk ....
5.Tanggal 1 Juni 1945 dikenal sebagai hari ....
Kunci jawaban :
1.Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4
2.18 – 08 – 1945
3.Ir. Soekarno
4.Membahas dan merumuskan gagasan dasar negara Indonesia
5.Lahirnya Pancasila

b.Penilaian Afektif
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Memahami nilai juang dalam proses perumusan Pancasila
Sebagai dasar negara
Kelas / Semester : VI / I
Model soal : skala sikap / bertingkat

SOAL :
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas !
1.Iwan sudah merencanakan untuk pergi berkemah bersama temannya Dodo. Ia sudah membayangkan akan memancing dan berenang di danau. Mendadak ayaknya mengatakan bahwa mereka sekeluarga akan berkunjung ke rumah paman. Iwan kurang menyukai pamannya karena orang tuanya kasar dan selalu cemberut padanya. Jika kamu menjadi Iwan apa yang akan kamu lakukan ?
2.Kelompok Irgan memutuskan untuk menyumbangkan uang Rp. 10.000,00 senagai hadiah ulang tahun bagi ibu guru. Irgan sebenarnya setuju saja, tapi ia tidak punya uang sebesar itu. Ia hanya punya uang Rp. 5.000,00. jika kamu menjadi teman sekelompok Irgan, apa yang akan kamu lakukan ?
3.Pak Somad sebenarnya tidak menyetujui jadwal siskamling yang telah ditetapkan. Ia harus bekerja hingga larut malam. Kalau ia memaksakan diri untuk siskamling esoknya ia akan terlambat berangkat bekerja. Tetapi ia tidak berdaya karena sudah diputuskan. Jika kamu menjadi Pak Somad, apa yang akan kamu lakukan pada saat siskamling tiba ?




c.Penilaian Psikomotor
Mata Pelajaran : PKn
Standar Kompetensi : Menentukan sikap dalam nilai-nilai perumusan pancasila
Kelas / Semester : VI / I
Model Soal : Unjuk kerja

SOAL :
Tuliskan sikap dan perilaku siswa saat berdiskusi tentang materi nilai-nilai proses perumusan pancasila dengan memberi tanda cek (V) pada tabel yang tersedia !
No
Contoh perilaku
Selalu
Sering
Tidak pernah

1.


2.

3.

4.


5.


Menjelaskan nilai-nilai pancasila dengan jelas dan sopan.

Tidak memotong pembiacraan orang lain.

Disiplin pada saat diskusi berlangsung.

Tidak menyimpang dari pembiacraan atau masalah yang dihadapi.

Mengajukamn pendapat dengan bahasa yang baik dan benar.

Tidak ada komentar: